Meskipun saat ini toko online atau layanan e-commerce yang Anda telah memiliki cukup banyak jumlah follower dan Likes pada setiap postingan di akun media sosial, belum cukup untuk menciptakan engagement dan relasi yang long-lasting dengan pengikut Anda. Ada beberapa cara yang baiknya diterapkan agar secara organik pengikut Anda bisa mendapatkan informasi dan pastinya terus memonitor konten dari akun media sosial perusahaan Anda secara rutin.

Artikel berikut akan mengupas 4 cara menumbuhkan bisnis melalui media sosial.

Pilih jenis media sosial yang tepat untuk bisnis

Saat ini ketika beragam media sosial sudah bisa digunakan, ada baiknya untuk bisnis memilih dengan tepat media sosial apa yang paling cocok digunakan. Jika Anda melihat Instagram dan Facebook hingga Twitter sudah terlalu “mainstream” untuk menonjolkan bisnis Anda, temukan media sosial lainnya. Jika bisnis Anda bersifat “niche” tentukan dengan tepat media sosial yang akan Anda gunakan, apakah itu Tumblr, komunitas online atau yang lebih spesifik seperti Kaskus, OLX hingga Reddit. Lakukan eksperimen dan lancarkan kegiatan promosi dengan memanfaatkan media sosial yang paling sesuai untuk bisnis.

Temukan percakapan pelanggan Anda di media sosial

Saat ini sudah banyak media sosial yang menawarkan pilihan untuk brand menemukan berbagai percakapan atau conversation pelanggan terkait dengan bisnis Anda. Apakah itu dengan memanfaatkan tagar, komentar dan kata kunci atau keywords. Manfaatkan fitur-fitur tersebut dan lancarkan komunikasi secara langsung dengan menampung feedback dan membalas semua komentar terkait dengan bisnis Anda dari konsumen. Demikian juga dengan konsumen yang merasa senang dengan bisnis Anda, sampaikan rasa apresiasi dan penghargaan dengan komentar dan sampaikan juga beberapa bonus atau ajakan untuk terus memanfaatkan produk atau layanan Anda.

Jangan lupa untuk juga melakukan pendekatan dengan influencer dan brand ambassador yang relevan.

Manfaatkan rasa antusias dari pelanggan

Jika saat ini Anda sudah memiliki cukup banyak jumlah pelanggan yang setia, manfaatkan momen tersebut dengan memberikan bonus atau diskon kepada mereka melalui akun media sosial. Cara ini dinilai lebih efisien dibandingkan menggunakan paid advertising untuk merekrut pelanggan baru, memanfaatkan antusias pelanggan yang sudah menjadi loyal bisa membantu mengembangkan bisnis.

Buat konten menarik untuk tema tertentu

Hari-hari istimewa seperti tahun baru, hari raya hingga perayaan keagamaan lainnya bisa dijadikan momen penting untuk melancarkan kegiatan promosi. Untuk memberikan sentuhan personal, tampilkan foto bersama dengan pegawai Anda menjadi konten promosi, dengan demikian pelanggan Anda akan menjadi lebih dekat dengan brand Anda. Sesuaikan kegiatan promosi dengan target pelanggan, lakukan cara ini agar pelanggan yang relevan bisa menerima dengan baik konten promosi yang bisnis Anda lakukan, dibandingkan mengirimkan secara acak kepada pelanggan Anda.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.