Saat ini masih banyak perusahaan hingga brand besar yang memanfaatkan email sebagai media untuk kegiatan pemasaran dan berkomunikasi dengan pelanggan. Meskipun terbilang cara yang cukup mudah dan lebih menghemat budget, pemanfaatan email marketing idealnya harus diterapkan dengan tepat. Jangan mengirimkan email marketing tanpa dilengkapi konten yang menarik dan menargetkan pengguna yang relevan. Jika tidak diterapkan dengan benar, bakal menjadi spam dan tentunya tidak dilihat dengan baik oleh pengguna.

Sebagai salah satu platform untuk Marketing Automation yang memanfaatkan Email, SMS, Voice, Push Nitification, Browser Notification, Web Messaging, In-app Messaging dan Audience Targeting, Netcore Solution yang berbasis komputasi awan, mengklaim bisa memberikan layanan yang terbaik dan tentunya tepat sasaran untuk perusahaan.

Seperti yang diungkapkan oleh Senior VP Global Enterprise Sales Netcore Solutions Abithab Bhaskar:

“Jika perusahaan banyak melakukan kesalahan ketika sedang melakukan kegiatan pemasaran melalui email, pasti akan banyak pelanggan yang unsusbcribe layanan mailing list tersebut karena tidak relevan dengan mereka.”

Berikut ini adalah 4 tips melakukan kegiatan pemasaran menggunakan email yang tepat.

Kumpulkan dan olah data yang dimiliki

Saat perusahaan sudah memiliki cukup banyak data dan informasi terkait email dari pelanggan, coba di data dengan baik dan cari tahu latar belakang hingga hal-hal yang disukai oleh pelanggan tersebut. Buat kategori untuk masing-masing pelanggan, agar ketika sedang bersiap membuat konten, bisa disasar dengan benar target pelanggan yang tepat.

Personalisasi

Saat ini sudah banyak situs hingga email marketing dari perusahaan yang menyampaikan sapaan dengan nama langsung dari pelanggan. Hal tersebut menurut Bhaskar sangat ideal untuk dilakukan. Dengan demikian pelanggan yang awalnya merasa terganggu mendapatkan email dari perusahaan soal promo hingga informasi terbaru, bisa lebih menerima email yang masuk karena kata sapaan tadi yang bersifat personal.

Buat konten yang menarik

Konten yang menarik dan secara berkala menyampaikan promo, diskon atau penawaran lainnya tentunya bisa lebih menarik perhatian pengguna, dibandingkan dengan email marketing yang kurang menarik dan tidak memiliki konten yang cukup. Untuk itu buatlah konten yang menarik, dengan informasi yang bermanfaat untuk pelanggan.

Melakukan follow-up kepada pelanggan

Jika email marketing yang dikirimkan tidak dibuka oleh pelanggan Anda, cobalah cara lain untuk menarik perhatian mereka. Bisa memanfaatkan channel lain seperti SMS atau lainnya. Buatlah masing-masing informasi berbeda dan sesingkat mungkin, agar bisa diterima dan tentunya dibaca oleh pelanggan yang diincar.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.