MARKETING

Empat Hal yang Perlu Dicermati Tentang Email Marketing

Mulai dari melakukan uji coba, menentukan target yang relevan dan memangkas budget pemasaran

Email marketing saat ini sudah menjadi salah satu marketing tools paling ampuh untuk mempromosikan dan membina relasi dengan pelanggan. Berawal dari visitor atau pengunjung yang melihat situs kemudian berkembang menjadi subscriber atau pelanggan mailing list yang dimiliki oleh perusahaan, penggunaan email marketing bisa memiliki kekuatan tersendiri.

Untuk bisa melancarkan kegiatan promosi melalui email marketing, ada beberapa hal yang wajib dicermati, agar bisa memberikan hasil yang baik bahkan mendatangkan revenue untuk perusahaan, belajar dari VP Customer Success and Growth Ematic Solutions Saloni Singh.

Lakukan uji coba

Sebelum email marketing dikirimkan kepada target pengguna, jangan lupa untuk melakukan AB Testing atau uji coba terlebih dahulu. Kirimkan email marketing secara acak, kemudian cermati, siapa saja pengguna yang kemudian tertarik dan membuka email tersebut.

Buat jadwal untuk kegiatan email marketing

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah, untuk selalu membuat jadwal yang tepat saat email marketing akan disebarkan. Hindari terlalu sering mengirimkan email marketing, yang pada akhirnya akan menjadi SPAM saja dan Anda pun akan kehilangan subscriber.

Jadwalkan dengan tepat dan upayakan untuk membuat konten yang padat dan lengkap untuk setiap kegiatan email marketing Anda. Salina menyarankan untuk hanya melakukan kegiatan pemasaran melalui email marketing satu kali saja setiap bulannya. Dengan demikian terhindar dari kegiatan Unsubscribe potensi pelanggan Anda.

Pilih email marketing tools yang sesuai

Saat ini sudah banyak email marketing tools yang bisa digunakan saat kegiatan pemasaran memanfaatkan email marketing akan dilancarkan. Mulai dari yang gratis seperti Mailchimp hingga yang berbayar. Yang perlu diperhatikan saat memilih produk yang tepat, jangan menggunakan lebih dari satu email marketing tools. Selain akan membuang budget saja, kegiatan tersebut dinilai tidak bermanfaat. Pilih produk email marketing tools yang sesuai dan manfaatkan fitur tersebut sebaik mungkin.

Identifikasi target pengguna

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk meminimalkan kegiatan Unsubscribe dari pelanggan mailing list perusahaan adalah, menentukan dengan tepat siapa saja pelanggan yang relevan dengan informasi dari kegiatan pemasaran yang akan perusahaan kirimkan. Dengan demikian informasi tersebut akan diterima dengan baik, dibuka dan Anda pun mendapatkan engagement yang positif dari pelanggan yang relevan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter