Categories

Gadget

Energysquare Memungkinkan Kita Charge Beberapa Handset Sekaligus Secara Wireless

Energysquare memanfaatkan teknologi konduksi, bukan induksi ataupun gelombang elektromagnetik.

Yoga Wisesa - 17 June 2016

Bayangkan saat Anda mempunyai jadwal meeting dengan client. Waktu terus berjalan tapi ternyata kedua smartphone harus segera diisi ulang, dan Anda hanya membawa sebuah charger. Skenario ini mungkin sering kita alami, menunjukkan betapa pentingnya sumber energi bagi para pengguna perangkat bergerak, dan mendorong satu tim kecil dari Perancis untuk memberikan solusi.

Diciptakan oleh para lulusan fakultas teknik serta desainer industri, developer mengadopsi teknik isi ulang nirkabel dan mengimplementasikannya ke rancangan unik produk mereka. Setelah pengembangan selama dua tahun, tim memperkenalkan Energysquare, yaitu wireless charger yang mampu mengisi baterai beberapa smartphone sekaligus - menghemat banyak waktu berharga Anda.

Ada dua tipe pad, Square One (bawah) dan Square Two (atas).

Energysquare memanfaatkan teknologi konduksi, bukan induksi ataupun gelombang elektromagnetik. Perangkat terdiri atas dua komponen: stiker yang ditempel ke punggung handset dan tercolok ke port, serta bagian pad ultra-thin. Pengoperasiannya sangat simpel; sambungkan pad ke sumber listrik, dan Anda tinggal menaruh smartphone di atasnya untuk melakukan charging.

Charging pad tersusun atas kotak-kotak konduktif, masing-masing dikendalikan oleh sistem internal. Stiker sendiri memiliki dua titik konduktif, tersambung langsung ke baterai. Ketika handset diletakkan di atas pad, titik konduktif akan menyentuh dua kotak berbeda, dan proses isi ulang dimulai seketika. Jika Anda ingin menggunakan charger standar, cukup cabut connector stiker dari port.

Stiker Energysquare.

Menurut developer, pemakaian Energysquare sangat fleksibel, bisa digunakan di rumah maupun kantor. Mereka juga menyiapkan versi Business Pack, yakni Energysquare dengan stiker kustom untuk perusahaan. Berbeda dari teknik induksi, tidak ada energi yang terbuang dalam metode konduksi. Energysquare kompatibel ke semua jenis device, termasuk iOS, Android dan Windows; dan turut disediakan pula casing khusus untuk iPhone 6, 6S, 6+ and 6S+.

Dari penjelasan developer, bagian pad dirancang agar anti-air dan anti-benturan. Sayangnya, Energysquare masih menyajikan kecepatan isi ulang 'reguler', kurang berguna bagi Anda yang menggunakan perangat dengan fitur fast charging. Dan karena berbasis stiker, kita perlu melepas casing ketika ingin mengisi ulang smartphone.

Tim Energysquare menyediakan dua jenis pad, Square One dan Square Two (Two dua kali lebih lebar dari One). Energysquare dapat Anda pesan sekarang di situs crowdfundingKickstarter seharga mulai dari € 60, didistribusi bulan Desember 2016 nanti (versi Early Bird sudah sold out, tiba bulan November).

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter