Categories

Game

Engine Unity 5 Bisa Anda Gunakan Gratis Sekarang Juga

Yoga Wisesa - 4 March 2015

Belum lama, Epic Games membuat pengumuman mengejutkan: Unreal Engine 4 – salah satu engine grafis tercanggih dan teranyar saat ini, dapat diunduh gratis. Epic Games cuma meminta royalti sebesar lima persen ketika app atau game sudah dirilis. Lalu Valve turut menyusul, mereka memberi tahu bahwa Source 2 bisa dimanfaatkan cuma-cuma oleh developer.

Berita baik di awal bulan Maret tak kunjung berhenti, kali ini dari Unity Technologies pencipta engine cross-platform Unity. Dalam momentum Game Developers Conference 2015, mereka melepas Unity 5 secara global. Engine dirancang sebagai alat pengembangan app interaktif dan video game 2D maupun 3D. Hebatnya, dengan beragam fitur baru yang telah ditambatkan di sana, Anda bisa menggunakan Unity 5 gratis dan bebas royalti.

Unity menitikberatkan portabilitas dan terkenal karena kemampuan menghadirkan karya digital ke platform berbeda. Developer diberikan kontrol untuk menyuguhkannya ke perangkat mobile, browser, PC, hingga console. Versi terbaru itu menawarkan toolset artistik lengkap, sistem shader berbasis fisik yang dapat diterapkan ke 95 persen objek dalam permainan, pencahayaan real-time, efek HDR, dan hingga kini mendukung 21 platform termasuk WebGL tanpa tambahan plug-in.

Engine juga menyajikan fleksibilitas di sisi editing, baik dari segi pengaturan animasi, fisik, serta audio. Dengan PhysX 3.3, terdapat lompatan performa besar pada sistem fisik 3D. Contohnya gerakan di baju karakter buatan Anda atau simulasi suspensi dan tekanan pada ban. Kemudian, fitur animator juga lebih hebat. Sebuah Asset Creation API baru telah disiapkan sehingga animator bisa menciptakan alat untuk menggarap dan menyunting aset animasi.

Info menarik: Valve Serbu GDC 2015 Dengan Steam Link, SteamVR dan Source 2

Keleluasaan berkreasi juga lebih lebar dibanding beberapa engine papan atas. Unity Technologies memastikan ekosistem turut membantu Anda agar sukses. Developer menyiapkan beragam aset dan alat produksi ‘siap-guna’ di Asset Store; komunitas Unity termasuk forum, bagian Q&A, umpan balik, beserta issue tracker; dan layanan baru untuk mempermudah publikasi game.

Ada dua pilihan lisensi Unity 5, edisi Personal dan Professional. Keduanya sudah termasuk seluruh engine, dukungan ke semua platform, dan bebas royalti. Personal dimaksudkan untuk proyek-proyek dengan modal atau keuntungan di bawah US$ 100.000, ideal buat pelajar, hobiis dan pengembang independen pemula.

Di level Professional, Unity Technologies menyediakan layananan Cloud Build Pro, Unity Analytics Pro, prioritas penumpasan bug, akses beta, pelaporan performa, dan lain-lain. Cukup keluarkan US$ 75 per bulan. Dapatkan di sini.

Sumber: Unity3D.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter