Enthrean Guardian dikenal salah satunya dari game mereka Eternal Grace, game J-RPG berbasis PC yang telah merilis episode pertama mereka, dan saat ini sedang bersiap untuk melanjutkan episode kedua. Mereka juga memasukan proyek seri game ini di situs Wujudkan.com.

Dari pengumuman resmi yang dimuat di situs Enthrean Guardian, dijelaskan bahwa kerja sama ini merupakan sebuah kolaborasi yang mendukung kemampuan dari masing-masing pihak. Enthrean di bidang pengembangan game sedangkan Games One di sisi bisnis. Kerja sama ini akan menghadirkan beberapa proyek yang akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan, yang sepertinya berupa game yang dikembangan Enthrean yang akan didistribusikan oleh Games One.

Dikutip dari keterangan di situs Enthrean Guardian, Games One sendiri merupakan bagian dari Digital One, dan Digital One sendiri dimiliki oleh Marketing Group, grup media yang memiliki beberapa produk seperti majalah Marketing, majalah Sheng YI, Survey One dan beberapa produk lain. Games One adalah divisi yang bergerak di bisnis e-commerce khusus games. Saat ini Games One telah mempublikasikan situs di games.marketing.co.id, yang juga menjadi sarana informasi tentang jasa yang diberikannya. Games One mencoba untuk menjembatani para developer dan publisher games khususnya di Indonesia.

Di sisi pengembang game, Games One memberikan sebuah tempat bagi para developer games yang ingin menjual produk game mereka secara massal atau korporat, sedangkan bagi publisher Games One ingin menjadi sebuah tempat dimana para penerbit bisa menemukan berbagai game sesuai kebutuhan mereka.

Dikutip dari penjelasan di majalah Marketing yang saya dapatkan dari situs Enthrean, Andika Priyandana, Head of Content Games dari GamesOne mejelaskan bahwa layanan yang diberikan Games One adalah distribusi dan marketing game untuk platfrom PC dan mobile, baik untuk keperluan korporat atau massal secara digital di wilayah Indonesia.

Mereka juga memberikan layanan sebagai representasi bagi pengembang game asing yang ingin memasuki pasar Indonesia, lokalisasi game asing – bahasa Inggris – ke bahasa Indonesia.

Setelah sebelumnya kita mendengar bahwa Kompas Gramedia juga akan merilis layanan game publisher mereka, kini perusahaan media lain menjalin kerja sama dengan perusahaan game. Marketing Group sendiri sebenarnya tidak asing di dunia startup/digital, selain mereka cukup rajin mengembangkan konten mereka di digital, sebelumnya, Frontier Consulting Group berinvestasi di MediaWave, platfrom monitoring dan analisa media sosial.

Cukup menarik untuk melihat lebih lanjut strategi dan eksekusi Games One. Kemudahan proses marketing sepertinya adalah porsi utama yang ingin ditawarkan dari Games One bagi pengembang game, sehingga pengembang game seperti Enthrean bisa fokus pada pengembangan game dan tidak dipusingkan dengan proses memasarkan game atau mencari klien, layaknya yang dilakukan banyak penerbit game di platfrom flash. Semakin menarik karena perusahaan atau brand yang menggunakan sarana game dalam proses kampanye atau strategi digital mereka juga semakin banyak. Pertumbuhan pengembang game lokal juga terus meningkat, belum lagi studio dan publisher game luar juga telah melihat potensi industri game di Indonesia, baik sisi konsumen atau produsen.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.