1. Startup

ePalembang. Direktori Lokal Untuk er... Palembang.

ePalembang, sebuah situs direktori lokal untuk daerah Palembang (obviously) berisi informasi-informasi seputar bisnis lokal, tempat wisata, info kuliner dan lain-lain. Informasi yang disajikan-pun cukup lengkap mengenai seluk beluk kota Palembang. Dan hebatnya situs ini dikabarkan dikembangkan menggunakan biaya sendiri dari para foundernya.

Dibekingi oleh para blogger Wongkito, situs ini digarap dengan model yang tidak sedikit, untuk server saja ada dua. Satu untuk visitor lokal (IIX) dan untuk visitor dari luar negeri dengan server yang di-host di Amerika. Dengan interface bahasa Inggris cukup jelas situs ini menjadi salah satu media untuk menarik turis asing untuk berkunjung ke kota Palembang.

Jelas saja. di situs ini anda bahkan bisa melihat daftar penerbangan ke Palembang, namun sayangnya hanya dari Jakarta dan Pangkal Pinang. Jadi terkesan agak kurang membantu untuk pengunjung dari luar negeri. Designnya pun lumayan sederhana, agak sedikit crowded dan cenderung kurang space. Namun informasinya jelas berguna, dan padat berisi.

Satu hal yang kurang adalah informasi event-event lokal seperti yang ada di Yogyes.com, hal ini sedikit banyak menjadi daya tarik untuk pengunjung. Kalau saja ada event-event seperti ini kan pengelola ePalembang bisa menjual tiket via afiliasi dan mendapat keuntungan dari sana. Contoh saja sih, siapa tahu benar-benar bisa diterapkan.

Untuk sekarang sepertinya ePalembang mampu mendapatkan keuntungan dari advertising produk dan juga promosi bisnis lokal yang pastinya lebih menarik bagi advertiser. Selain itu juga disediakan space iklan di situs mereka bagi para advertiser yang ingin memasang iklan.

Yang pasti, situs ini adalah sebuah kemajuan untuk kota Palembang, setelah pergerakan situs daerah dimulai oleh Yogyes sudah sepantasnya kota-kota lain mulai membuat situs-situs seperti ini mempromosikan daerah masing-masing. Lagipula scope yang lebih besar belum tentu menguntungkan secara bisnis, tapi yang lebih lokal justru lebih scalable dan profitable.

major hat tip:epat

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again