Categories

Gadget

Equil Smartpen 2, Pulpen Yang Mampu Menggambar di Kertas Sekaligus di Layar Sentuh

Yoga Wisesa - 20 October 2014

Jika membuat sketsa dan ilustrasi merupakan kegemaraan atau pekerjaan sehari-hari, maka Anda pasti mengerti bahwa walaupun teknologi layar sentuh kian canggih, tidak ada yang lebih nyaman serta intuitif dari menggambar manual di atas kertas. Tim developer Equil mencoba menjembatani dua medium kreasi tersebut dengan sebuah device unik.

Perangkat itu mereka namai Smartpen 2, ia adalah pulpen pintar yang memungkinkan pengguna menciptakan gambar di kertas serta di perangkat layar sentuh sehingga konten tak hanya bisa di-share dan disimpan ke layanan cloud, namun juga dapat diedit kembali. Anda tinggal menggambar di manapun, lalu hasilnya akan muncul otomatis di device.

Smartpen 2 bekerja layaknya ballpoint biasa tanpa membutuhkan kertas khusus sekaligus stylus. Rahasia device ini terletak pada bagian ujung pulpen dan receiver yang tersemat pada rumah berbentuk bangun prisma. Pena Smartpen mengeluarkan tinta biasa, lalu sensor akan mengukurnya dengan ultrasonic serta inframerah agar hasil digitalnya tampil akurat.

Konten mendukung platform iOS, Mac dan Windows atau dapat langsung disimpan dan disinkronisasi ke Dropbox, Evernote dan iCloud. Melalui sambungan Bluetooth, Smartpen 2 mempunyai kecepatan transfer 80 transmisi per detik, serta bisa membaca lebih dari 600 tingkat sensitivitas tekanan ujung pena. Hampir tak ada batasan ukuran kertas, Anda dapat menggunakan kertas Post-it hingga A4.

 

Info menarik: PowerUp Bisa Mengubah Pesawat Kertas Jadi Mainan Remote Control

 

Hebatnya lagi, aplikasi Equil Note mampu mengenali hasil tulisan Anda dan mengubahnya menjadi teks editable untuk segera dikirim via email. Ia pun bisa merapikan tulisan agar lebih gampang dibaca. Selain itu, terdapat app Equil Sketch lengkap dengan koleksi warna dan pilihan brush. Seperti software editing gambar modern, ia menyediakan fungsi layer untuk memudahkan pengguna menduplikasi, mengatur kembali dan mengubah ukuran serta ketebalan gambar.

Equil tak lupa menyajikan kemampuan Sharing: integrasi ke iCloud atau Dropbox, share ke Facebook dan Twitter, sinkronisasi antar platform berbeda hingga mengeksport file ber-layer ke format file Photoshop (PSD). Ia kompatibel hampir dengan semua perangkat: Android 4.0 atau terbaru, iOS 5 atau yang teranyar, Mac OS 10.7 serta Windows XP atau versi terkininya.

Equil Smartpen 2 dibundel bersama unit charging serta casing, smartpen dan wireless receiver. Di situs crowdfundingIndie Gogo, ia ditawarkan seharga mulai dari US$ 130 (harga retailnya dibanderol US$ 170). Smartpen 2 menawarkan fitur yang jauh lebih canggih dibanding model sebelumnya, yaitu autodetect halaman baru, multitasking, serta memori internal.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter