Dengan semakin mudahnya drone dimiliki khalayak umum, muncul hal yang tidak disangka-sangka. UAV untuk kebutuhan videography mungkin sudah biasa, namun di tahun 2014, drone mulai digunakan untuk balapan di Australia. Kira-kira setahun kemudian, dilangsungkanlah National Drone Racing Championship pertama di Amerika, diikuti oleh lebih dari 100 peserta.

Kepopularitasan rotorcross (istiliah balapan drone) meroket dalam waktu singkat. Sejumlah organisasi, contohnya Drone Racing League, telah mulai menetapkan standar dan regulasi. Dan bagi para penggemarnya, berita gembira terdengar di pertengahan minggu ini, berpeluang mengangkat rotorcross naik ke tingkat olahraga-olahraga bergengsi: International Drone Racing Association mengumumkan kerjasama dengan ESPN.

Harapan ESPN simpel, tapi sangat ambisius. Mereka ingin menjadikan drone racing sebagai olahraga raksasa sekelas F1 atau NASCAR. Dalam rotorcross, para kontestan menerbangkan pesawat tak berawak multi-propeller dengan kecepatan tinggi. Operator mengendalikan drone melalui perspektif orang pertama via head-mounted display, memperlihatkan live-stream dari kamera di unit drone.

IDRA ESPN Drone Racing 01
Track rotorcross.

Drone racing memberikan Anda kemampuan terbang seperti superhero,” tutur chairman IDRA Dr. Scot Refsland secara tertulis. “Karena setiap orang dapat merasakan ketegangan balapan seolah-olah mereka duduk di bangku kokpit, olahraga ini menjadi sangat populer. Buat mengawalinya, kolaborasi antara organisasi nasional drone Amerika dan ESPN untuk distribusi internasional selama delapan bulan merupakan sebuah tanda positif.”

Rencananya, event IDRA pertama dengan tajuk 2016 U.S. National Drone Racing Championships akan ditayangkan di ESPN, dan pemenang berhak memperoleh titel ‘pilot drone tercepat’ di kawasan Amerika. Turnamen dilangsungkan di Governors Island, New York pada tanggal 5 sampai 7 Agustus. Penyelenggara menjanjikan pemandangan menawan Manhattan dan Patung Liberty. Di sana disiapkan pula festival musim panas serta hiburan buat keluarga; misalnya area balapan drone untuk anak-anak, pameran teknologi, serta booth makanan dan jajanan.

Peabody dan David Gavant ditunjuk menjadi executive producer acara ini. Gavant sebelumnya bertanggung jawab sebagai vice president serta executive producer MLB Productions. Di bawah pimpinannya, MLB Productions sukses memenangkan lebih dari 30 Emmy Awards.

Kerjasama International Drone Racing Association dan ESPN merupakan kabar baik bagi mereka yang belum bisa datang langsung ke sana. 2016 U.S. National Drone Racing Championships dan 2016 World Drone Racing Championships di bulan Oktober akan di-streaming lewat ESPN3, serta ditayangkan lagi di jaringan ESPN sesudahnya.

Sumber: ESPN.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.