1. Startup

Event: Mozilla Firefox 4 Launch Party - Bandung

Event peluncuran peramban Firefox 4 di Bandung telah selesai dilaksanakan, setelah sebelumnya diadakan di dua kota yaitu Jogjakarta dan Jakarta, kali ini pesta browser rakyat ini mampir di kota Bandung, bertempat di Potluck Kitchen, acara diselenggarakan pada hari Minggu, 1 Mei 2011, mulai pukul 16.00 - 20.00 WIB.

Untuk acara di Bandung kali ini, selain acara ramah tamah ada dua sesi presentasi, sesi pertama adalah Gen Kanai - Director of Asia Business development - Mozilla, Christian Legnitto - Mozilla Firefox Release Manager dan Luke Wagner - JaegerMonkey/JS Engine Engineer, sedangan sesi kedua diisi oleh Petshopbox Studio - The Making of Kumi, Faisal Asad - Kumi Papertoy dan Yohan - presentasi tentang the Future of Web App with Firefox dan Showcase - Fowab. Sebelum  3 pembicara ini Fauzan Alfi juga presentasi dan memperkenalkan beberapa hal terutama tentang komunitas Mozilla pada para pengunjung termasuk tentang Kumi, maskot Firefox Indonesia yang dibuat oleh 'urang Bandung'.

Gen Kanai menjelaskan tentang statistik pengguna Firefox di Indonesia yang merupakan penggunamarket share terbesar untuk Firefox di dunia, sekitar 75-80% pengguna internet di Indonesia menggunakan Firefox. Beberapa pembicara lain dari Firefox menjelaskan tentang teknologi Firefox 4 serta proses release versi terbaru yang sekarang menjadi 4 tahap, Nightly, Aurora dan Beta Channel, kemudian masuk ke tahap Final Release.

Sedangkan sesi kedua menampilkan perwakilan dari Petshopbox Studio yang membuat Kumi (Kumpulan Mozilla Indonesia) maskot Firefox Indonesia, Sissy dan Salazad pembuat papertoy Kumi serta Yohan dari Fowab.

Acara yang dihadiri kurang lebih 90 orang ini menghangatkan suasana Bandung yang saat itu sedang diguyur hujan. Pada awal acara juga ada pemotongan kue sebagai sarana simbolis membuka acara.

Firefox 4 memang sudah diluncurkan sejak 22 Maret kemarin dan Firefox sendiri akan bersiap untuk meluncurkan versi 5 yang direncanakan akan dirilis bulan Juni 2011. Indonesia memang merupakan pasar yang besar untuk Firefox, Gen juga mengatakan bahwa mereka mengundang para pengembang atau siapapun untuk memberikan masukan atau ikut mengembangkan dan berperan aktif dalam pengembangan Firefox.

Acara dengan tagar #fx4partyBDG ini diselenggarakan bekerja sama dengan Batagor.net (Bandung Kota Blogger), FOWAB (Forum Web Anak Bandung), HackerspaceBDG, MakeMac, Petshopbox Studio dan Five Cyber Community dan masih banyak lagi, termasuk harian PikiranRakyat dan tentunya DailySocial.

Acara #fx4party yang berikutnya adalah di Bekasi (Pax Patriae High School) dan selanjutnya Surabaya tanggal 4 Mei 2011. Apakah Anda sudah mendaftar?

Berikut suasana acara #fx4party di Bandung serta wawancara singkat dengan Gen Kanai, Director of Asia Business Development for Mozilla dan Fauzan Alfi dari komunitas Mozilla - Bandung. Anda juga bisa mengikuti berbagai perkembangan dengan follow akun Twitter @id_mozilla atau mampir ke situs mereka di Mozilla.web.id

Disclosure: DailySocial adalah salah satu media partner acara ini.

Event report ini dikerjakan bersama oleh saya dan Nita Sellya, penerjemah artikel di DailySocial.

Musik oleh: Balads of The Cliche - Back In The Old Days

Update: Ada kesalahan penulisan nama Fauzhan seharusnya Fauzan, telah di koreksi.

[English version for this post]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again