Event Report : Bancakan 2.0 11th Meetup Sekaligus DailySocial dan Infinys Yogyakarta Roadtrip

Jumat malam, 14 September kemarin, rombongan DailySocial bersama Infinys mengunjungi Yogyakarta dalam roadtrip ke empat kota di Indonesia. Roadtrip ini diselenggarakan bersamaan dengan meetup ke-11 komunitas startup Yogyakarta, Bancakan 2.0. Acara ini diselenggarakan di iCafe, Sagan, Yogyakarta.

Acara ini menghadirkan Dondy Bappedyanto, General Manager PT Infinys System Indonesia. serta Norman Sasono, Technical Evangelist di Microsoft sebagai pengganti Erick Kurniawan yang sebelumnya dijadwalkan hadir.

Pada sesi pertama, Dondy menjelaskan tentang usaha Infinys untuk mendukung komunitas startup lokal di Indonesia. Menurutnya, Infinys siap untuk berinvestasi kepada startup yang dianggap potensial. Sebagai contoh, Dondy menyebutkan startup yang juga pemenang Sparxup 2011, Ngomik.com yang telah disponsori Infinys selama dua tahun.

Agar bisa bekerja sama dengan startup, Infinys menerapkan syarat yang mudah, startup tersebut harus punya produk. Produk tersebut tentunya juga telah mempunyai trafik yang baik sekaligus model bisnis yang pasti. Untuk startup seperti ini, Infinys berani menawarkan investasi berupa layanan cloud beserta layanan yang terkait, sehingga startup bisa berkonsentrasi dalam mengembangkan bisnis dan produknya, tanpa harus memikirkan infrastruktur.

Tawaran kemudahan untuk startup juga disampaikan oleh Norman Sasono dalam sesi kedua. Menurutnya, untuk startup berusia kurang dari 3 tahun dengan revenue kurang dari 1 miliar, Microsoft menawarkan program Microsoft Bizspark untuk membantu startup berkembang. Dengan program ini, semua karyawan startup bisa mendapatkan perangkat lunak dari Microsoft, termasuk Windows 8 selama tiga tahun.

Selain itu, Norman juga mengungkapkan kesempatan untuk pengembang sehubungan dengan adanya Windows Store Indonesia. Dengan Windows Store ini pengembang dapat men-submit aplikasi untuk platform Windows 8 baik untuk desktop, smartphone, dan tablet. Kesempatan ini merupakan sebuah kesempatan bagus bagi pengembang, karena Windows 8 merupakan sistem operasi kelanjutan Windows 7, sistem operasi paling menguntungkan di dunia. Namun, Norman mengingatkan, pengembang yang mengembangkan aplikasi untuk Windows 8 agar mengikuti kaidah desain yang sesuai dengan tampilan WIndows 8.

Pada sesi ketiga, Rama Mamuaya dari DailySocial menjelaskan secara singkat tentang Sparxup 2012. Sparxup menjadi kesempatan bagus bagi startup Indonesia untuk menampilkan diri. Sparxup juga menjadi kesempatan bagi pengembang untuk unjuk gigi pada gelaran hackaton. Hackaton pada acara Sparxup diharapkan bisa menjadi awal munculnya produk baru ke pasar.

Setelah sesi tersebut, diadakan sesi diskusi dengan Dondy dan Norman. Diskusi ini dipimpin oleh Aria Rajasa, founder GantiBaju.com dan Tees.co.id. Dalam diskusi ini, peserta nampak malu-malu untuk mengungkapkan pertanyaan muncul dari sesi-sesi sebelumnya.

Di sela-sela acara diskusi, ada acara pitch session yang menampilkan dua peserta yang mempresentasikan produk mereka. Pitch session yang pertama menghadirkan KowPlink, yang mempresentasi aplikasi Gamelan DJ. Aplikasi ini menghadirkan nada-nada dari gamelan, seperangkat musik khas Jawa, dalam platform Android. Aplikasi ini mendapat sambutan karena berhasil mengangkat budaya dengan teknologi dengan manis.

Acara Bancakan berubah menjadi ramai saat admin @HijaBro mempromosikan akunnya dalam pitch session yang kedua. Kesempatan pitch session ini dimanfaatkan untuk mengenalkan Hijabro beserta latar belakang hingga rencana ke depan.

Secara umum, acara Bancakan sekaligus roadtrip DailySocial dan Infinys ini memberikan banyak wawasan baru kepada peserta yang hadir. Menurut Fanni, mahasiswa UGM yang menjadi salah satu peserta acara tersebut, dirinya mendapatkan banyak pengetahuan baru walaupun materi yang disajikan oleh pembicaranya, menurutnya sedikit melenceng dari tema “Cloud” yang dijanjikan.

Sebagai kota yang terkenal sebagai kota mahasiswa, Yogyakarta memang menyimpan potensi untuk menjadi salah satu basis startup. Dengan adanya acara seperti ini semoga potensi tersebut bisa semakin berkembang.

Roadtrip DailySocial sendiri selanjutnya akan mengunjugi Surabaya bekerja sama dengan komunitas lokal SuWec. Simak detail acaranya dalam halaman Facebook SuWec di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again