1. Startup

Event Report: BlackBerry Developer Day dan Kompetisi KIAD

Kemarin di ITB Bandung telah diselenggarakan BlackBerry Developer Day yang dijadikan ajang pertemuan para developer dengan perwakilan dari RIM yaitu Johan Kremer Head of Alliances for SEA, Research In Motion (Singapore) Pte Ltd dan Sarim Aziz – Senior Applications Development.

RIM memberikan presentasi tentang perkembangan BlackBerry di Asia Tenggara khususnya di Indonesia yang menurut data RIM merupakan peringkat pertama dalam hal kepemilikan telepon selular pada rentang usia 8-24 tahun yaitu sebesar 80%. RIM juga memberikan presentasi mengenai WebWorks Development for BlackBerry PlayBook and BlackBerry Smartphones, Adobe AIR Development for the BlackBerry PlayBook, dan BlackBerry Development Platform Roadmap.

Selain RIM juga hadir beberapa developer Indonesia dari 7langit, Elasitas, dan Tasterous, tidak semua para pengembang ini melakukan presentasi, hanya 7langit dan Elasitas yang mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi BlackBerry. Mereka mengembangkan aplikasi untuk BlackBerry dan PlayBook, dan termasuk dari sekian banyak developer yang mengikuti program PlayBook gratis yang diadakan oleh RIM.

Dalam perbincangan bersama Johan Kremer di sela waktu rehat, Johan mengatakan bahwa pangsa pasar BlackBerry di Indonesia sangat luar biasa besar. Johan juga menyatakan bahwa dalam hal komunikasi data, BlackBerry tetap yang terbaik. Tingkat persaingan di ponsel pintar/tablet memang cukup sengit, bukan hanya dari raihan pasar, namun juga dari sisi pengembangan aplikasi, masing-masing penyedia platform berusaha menarik developer untuk mengembangkan aplikasi dan nantinya bisa menarik bagi konsumen. RIM juga tentunya membutuhkan pendekatan atas pengembangan aplikasi diseputar ekosistem mereka, beberapa poin tentang hal ini bisa dilihat di artikel DailySocial pada tautan ini.

Pada acara yang sama, Kompas juga mengumumkan sebuah kompetisi yang diadakan atas kerja sama bersama ITB yaitu Kompas ITB Application Developers Competition 2011 atau disingkat KIAD Competition 2011. Kompetisi ini diadakan dalam rangka mencari calon-calon developer andal di seluruh Indonesia. Adapun platform mobile application yang digunakan di kompetisi ini adalah BlackBerry OS 5 ke atas dan BlackBerry Playbook.

Hadiah yang disediakan untuk juara pertama berupa uang tunai sebesar Rp 25 juta + BlackBerry Playbook + BlackBerry Torch + Coaching Clinic + kontrak Kerjasama. Untuk juara kedua disediakan uang tunai senilai Rp 15 juta + BlackBerry Playbook + Coaching Clinic + Kontrak Kerja sama. Untuk juara ketiga disediakan hadiah sebesar Rp. 5 juta + BlackBerry Torch + Coaching Clinic + kontrak kerja sama.

Informasi lengkap bisa dilihat pada situs KIAD, pendaftaran ide hingga tangal 31 Mei 2011. Kompetisi ini terbuka untuk umum. Untuk informasi lebih lengkap bisa didapatkan di KIAD atau akun Twitter mereka @kiad2011.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again