1. Startup

Event Report: GameLan Meetup Mendatangkan Beberapa Orang Dari Square Enix

Beberapa bulan yang lalu GameLan - Komunitas Startup GameDev Yogyakarta mengadakan meetup pertama mereka yang cukup meriah, kini mereka masuk ke meetup kedua yang telah diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 12 Agustus 2011 kemarin, bertempat di Ruang Humaniora - University Club UGM.

Antusiasme peserta yang datang cukup meriah, dan yang membuat salut adalah hampir kebanyakan peserta berasal dari luar Yogyakarta yang jaraknya cukup jauh, mereka berasal dari Salatiga dan Surabaya. Mengapa mereka rela jauh untuk datang ke GameLan meetup kali ini? Ya, tentunya selain present di acara ini mereka ingin bertemu dengan beberapa orang dari perusahaan pembuat game Final Fantasy yaitu Square Enix. Beberapa orang Square Enix yang datang adalah Takashi Tokita - Producer, Senior Manager Mobile Division, Sachiko Takahashi - Bussiness Corporate Planning Division dan Hayato Sawada - Project Investment Manager Division.

Seperti biasa, gathering GameLan adalah ajang untuk unjuk gigi dalam menampilkan game buatan developer lokal di Yogyakarta dan sekitarnya. Pada sesi pertama menampilkan game bernama Hunter Story, salah satu game buatan SoybeanSoft yang baru-baru ini mendapat investasi dari East Ventures. Seusai Guntur Sarwohadi (founder SoybeanSoft) memberikan presentasi tentang Hunter Story, selang beberapa menit rombongan dari Square Enix dan Mikti hadir di GameLan meetup kali ini.

Kemudian dilanjutkan presentasi beberapa game buatan SagedSoft (Salatiga Game Developer), game (mirip macross) tugas akhir dari mahasiswa ITS, Sandals Frenzy buatan Guava Games dan UB Games, lalu ada sharing dari Amagine Interactive tentang game mereka di platform Android, dan masih ada beberapa developer lokal yang presentasi tentang game mereka yang masing-masing mendapat komentar dan masukan dari Takashi Tokita. Seperti yang dituliskan Wiku pada tautan ini, bahwa kedatangan Square Enix di Indonesia, salah satunya di Yogyakarta adalah dalam rangka roadshow mempromosikan Game Ideas Competition yang diselenggarakan oleh Mikti dan Square Enix (Info di tautan ini). GameLan sendiri berkesempatan menghadirkan rombongan Square Enix yang pada hari itu yang dijadwalkanroadshow mempromosikan kompetisi tersebut di Amikom. DailySocial juga berkesempatan melakukan wawancara langsung dengan Takashi Tokita pada acara GameLan meetup kali ini. Setelah melihat presentasi game dari beberapa game developer lokal di GameLan kali ini, tanggapan Takashi pun sama dengan tanggapan yang ia kemukakan ketika hadir di Bandung kemarin, yaitu mirip dengan perkembangan industri game di Jepang 20 tahun yang lalu, studio yang dikelola anak-anak muda dan pekerja keras. Dan yang menarik adalah tanggapan Takashi tentang Gameloft yang membuka kantor di Yogyakarta, bagaimana tanggapan Takashi tentang ini? Mari kita simak wawancara singkat dengan Takashi:

PS: Mohon maaf apabila kualitas video kurang maksimal.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again