27 September 2013

by Yoga Wisesa

Evernote Mengumumkan Marketplace Pertama Mereka, Evernote Market

Kertas adalah sumber daya alam tak terbatas yang terbatas. Penggunaannya yang berlebihan perlahan-lahan mengikis zona hijau di bumi. Itu mengapa aplikasi Evernote menjadi alteratif terbaik dalam segala kegiatan catat-mencatat para penggunanya. Bukan hanya aman, tetapi sangat praktis dan mudah digunakan.

Beberapa saat lalu, Evernote mengumumkan Evernote Market dengan diisi nama-nama besar seperti Post-it hingga 3M. Hal ini cukup aneh mengingat Evernote Market menandakan langkah awal Evernote memperluas bisnis dengan menjual komoditas berbentuk fisik.

Apakah Evernote Market itu? Sederhanya ia merupakan sebuah marketplace yang menyediakan produk eksklusif dan merchandise. Pengumuman ini mereka lakukan di atas panggung konfrensi EC3. Keputusan ini memang cukup aneh, seperti yang diakui sang CEO Phil Libin, namun mereka yakin dengan langkah ini. Mengapa? Beberapa perusahaan ternama telah setuju untuk mendukung Evernote untuk berkolaborasi dalam Evernote Market.

Libin menegaskan suatu hal yang cukup kontradiktif dengan ide utama Evernote, "Menghilangkan penggunaan kertas bukanlah tujuan utamanya - bukan pula untuk menyajikan layanan yang baik. Kami ingin menghilangkan penggunaan kertas berlebihan dan tidak berguna, dan kami juga ingin memperluas tingkat daya gunanya."

Salah satu contoh visi mereka adalah dengan mengenalkan ScanSnap Evernote Edition. Evernote menjelaskan bahwa mereka mengkombinasi kecepatan performa perangkat keras milik ScanSnap dengan fitur pengelolaan yang dimiliki Evernote. Contoh produk lain - dengan prinsip kolaborasi yang sama - adalah Jot Script Evernote Edition. Ia adalah stylus pertama yang terintegrasi serta teroptimalisasi dengan aplikasi tulis milik Evernote, Penultimate.

Evernote dan para partner barunya menggunakan sistem kerjasama tradisional dengan berbagi keuntungan. Barang-barang yang dijual dalam Evernote Market merupakan komoditas eksklusif yang hanya bisa didapatkan dari marketplace ini. Beberapa item lain yang di-highlight adalah ransel Evernote, Evernote flat pack buatan CΓ΄te&Ciel, smart notebook kerjasamanya dengan Moleskin, hingga kaos kaki pria.

Jadi kira-kira seberapa besar potensi keuntungan yang bisa diraup Evernote? Saat ini terdapat 75 juta pengguna aplikasi Evernote. Tambahkan ini dengan pengguna setia produk Post-it, Moleskin dan 3M. Post-it sendiri tercatat laris 50 miliar 'unit' tiap tahun, bayangkan keuntungan yang dapat diraih mereka dengan kerjasama ini - dan juga ribuan pohon kertas yang bisa diselamatkan dari penebangan. Kemudian jumlahkan juga uang yang akan didapat dari proyek patnership Evernote dengan produsen lainnya.

Terimakasih kepada The Wall Street Journal. Sumber gambar: GeekDad.com.