1. Startup

Evolitera Jalin Kerja Sama dengan Scoop

Pembaca DailySocial pasti sudah mengenal dua nama ini, Scoop dan Evolitera, keduanya sudah pernah dibahas di DailySocial beberapa kali. Scoop dikembangkan oleh Apps Foundry baru-baru ini merilis versi untuk iPod dan iPhone setelah sebelumnya tersedia untuk iPad. Sedangkan Evolitera kini hadir dengan tampilan baru (lagi), mereka mengubah tampilan terakhir ini sejak bulan Juli lalu (web).

Saya sendiri beberapa waktu lalu mencoba aplikasi Scoop untuk iPod dan melihat ada buku dari Evolitera di koleksi buku digital atau konten yang ditawarkan oleh Scoop. Dari keterangan yang saya terima lewat email, Eduardus Christmas, founder dan CEO dari Evolitera menjelaskan bahwa kerja sama dengan Scoop telah dimulai sejak Agustus 2011.

Kerja sama yang ada berupa penjualan premium content yang tersedia di Evolitera kini tersedia dan bisa dibeli di Scoop. Ketika menjelajah konten Evolitera yang ada di Scoop, harga yang ada sekitar $0.99 - $1.99. Untuk jumlah yang tersedia baru ada sekitar 30-an buku digital dari Evolitera yang tersedia di Scoop, Eduardus juga menjelaskan bahwa, "rencana akan ratusan, tapi memang penjualannya secara bertahap dan memperhatikan genre buku untuk setiap tahap release-nya."

Cukup menarik bagi saya, karena nama penulis juga terpampang di sana, Anda baru akan melihat bahwa buku digital tersebut diterbitkan oleh Evolitera ketika Anda melihat detail informasi buku digital tersebut, jadi penulis pun bisa mendapatkan 'promosi' atas karya tulis mereka. Sayangnya Eduardus tidak bisa menyebutkan persentasi sistem yang ada, ia hanya menjelaskan bahwa sistem bagi hasil yang ada adalah yang biasa diterapkan untuk penjualan dalam aplikasi (in-app purchase).

Untuk penjualan buku, meski tidak menyebutkan data angka, Eduardus menjelaskan bahwa untuk penjualan buku non-fiksi cukup bagus sedangkan untuk yang fiksi masih belum.

Dari sisi perusahaan (PT) Evolitera juga mengalami pembaruan, kini PT Evolitera posisinya menjadi anak perusahaan dari PT Enervolution (ENVO) yang bergerak di pengembangan aplikasi untuk iOS yang adalah startup pertama Eduardus. Evolitera sendiri memiliki dua strategi monetisasi, penempatan iklan di website serta permium content di Scoop.

Perkembangan kerja sama antara Evolitera dan Scoop ke depannya antara lain akan ada kategorisasi 'Books by Evolitera' namun masih dalam tahap agreement jadi kategori ini belum tersedia di Scoop dan akan diluncurkan kemudian. Munculnya kategori ini adalah hasil kerja sama eksklusif Evolitera dengan Scoop.

Eduardus juga menjelaskan tentang alasan kenapa mereka menjalin kerja sama eksklusif dengan Scoop, "karena kita memandang Scoop memiliki pasar yang sudah bagus di iOS." Evolitera juga sebelumnya telah memiliki rencana untuk membuat aplikasi sendiri, namun melihat tingkat persaingan yang ada, sudah muncul banyak pemain sejenis maka mereka memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan Scoop.

Untuk pengembangan buku digital di platform lain, Evolitera belum memikirkan alternatif ini, setidaknya untuk Android, salah satu alasannya adalah sistem payment dan keinginan untuk melakukan pembelian yang menurut riset dari Evolitera belum begitu baik untuk pasar Indonesia.

Untuk konten dari buku Evolitera ada beberapa judul yang menarik, terutama untuk buku digital non-fiksi, namun sayang, menurut saya kaver buku kurang menarik, akan lebih menyenangkan jika kaver diolah dengan lebih baik, meski konten yang utama namun tidak bisa dipungkiri bahwa kaver (meskipun itu buku digital) berperan penting sebagai daya tarik bagi calon pembeli.

Eduardus dengan Evolitera dan ENVO-nya juga tengah mengembangkan kerja sama dan pengembangan lainnya, sejauh ini belum bisa diungkapkan, namun informasi lengkap tentang perkembangan ini tentu akan kami update begitu mendapat informasi tambahan dari masing-masing pihak.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again