1. Startup

Evolitera Ubah Tampilan dan Persiapkan Fitur Baru, Termasuk Pengembangan Versi Mobile

Evolitera telah mengubah tampilan situs mereka, kini tampilannya lebih memfokuskan pada featured books dari koleksi yang ada di Evolitera yang ditampilkan berupa kaver eBooks tanpa keterangan detail lain, serta tampilan beberapa hal yang berkaitan dengan promosi di situs ini.

Beberapa hari sebelum berubah, tampilan situs mereka menampilkan tiga pilihan utama fitur dari layanan Evolitera, yaitu eBooks, EvoBloggers, serta EvoScience. Kini pilihan menu ini bisa dilihat jika Anda melakukan sign in yang akan muncul pada halaman profil.

Eduardus Christmas, founder, CEO dan CIO dari Evolitera juga membenarkan perubahan tampilan ini. Pengguna bisa melihat ada dua pilihan utama dari fasilitas yang ada di Evolitera pada tampilan baru ini, koleksi eBook di Evolitera serta EvoScience yang kini terus dipromosikan cukup gencar oleh Evolitera termasuk dengan penambahan fitur baru.

EvoScience merupakan fasilitas dari Evolitera yang memberikan akses pada koleksi perpustakaan dengan tema science serta scholar-networking platform. Di EvoScience, pengguna bisa membaca berbagai publikasi ilmiah dari lima kategori, bisnis dan ekonomi, engineering, Ilmu komputer serta IT, Medis, serta Ilmu Sosial dan hukum.

Layaknya layanan eBooks di Evolitera, pengguna juga bisa menerbitkan publikasi ilmiah karya mereka sendiri. Satu lagi tambahan fasilitas yang sedang di lakukan uji fitur adalah journal bookmarking. Di fitur ini Anda bisa menempatkan URL dari jurnal yang bersifat terbuka, dalam arti boleh dibagikan untuk umum, menempatkannya di Evolitera dan membuat jurnal ini bisa dibaca di layanan Evolitera.

Eduard juga menjelaskan tentang pertumbuhan layanan Evolitera, saat ini pengguna terdaftar di Evolitera berjumlah sekitar 11.000 pengguna, kemudian jumlah koleksi eBooks yang tersedia di layanan mereka berjumlah kurang lebih 420 eBooks dan akan segera bertambah lagi karena eBooks yang saat ini masuk dalam daftar edit berjumlah puluhan. Jumlah pengunduh koleksi yang ada di Evolitera juga dikatakan cukup tinggi animonya serta aktivitas penggunaan fitur juga cukup baik seperti fitur 'love' dan komentar yang mulai digunakan secara lebih baik.

Untuk rencana pengembangan, Evolitera kini sedang mempersiapkan layanan mobile mereka yang memang diminta oleh pengguna, selain itu mereka juga sedang mengembangkan layanan personalisasi untuk profil penguna serta berencana juga untuk membuat fitur diskuisi atau forum, namun tetapi sesuai dengan karakter dari Evolitera.

Sayangnya salah satu fitur yang telah ada di Evolitera yang berguna untuk memberikan fasilitas lebih pada penguna, EvoBloggers kurang dikembangkan, mungkin ada kebingungan di benak pengguna antara menerbitkan naskah atau menerbitkan tulisan di blog, padahal blog bisa juga menjadi semacam jembatan diskusi atau penjelasan tambahan bagi karya yang diunggah di Evolitera, terutama untuk karya ilmiah, penulis bisa mengajak pembaca buku mereka untuk berdiskusi lebih lanjut di blog pribadi mereka tentang karya ilmiah yang diterbitkan atau bisa saja penulis memberikan keterangan tambahan atas karya tulis yang telah disusun.

Sepertinya fitur ini akan 'digantikan' dengan fitur diskusi atau forum yang masuk dalam roadmap pengembangan Evolitera, kita tunggu saja fasilitas komunitas apa yang akan dikembangkan Evolitera.

Sementara itu, salah satu kelebihan Evolitera adalah kualitas eBooks yang mereka miliki termasuk dari orang atau penulis yang mengirimkan naskahnya, setidaknya saya melihat beberapa nama yang cukup dikenal mengunggah karya mereka di Evolitera, hal ini juga didukung dengan data sederhana yang dikumpulkan Evolitera, bahwa pengguna Evolitera merasa kualitas bacaan di layanan mereka cukup baik.

Evolitera juga dikabarkan sedang mempersiapkan untuk menerbitkan naskah dari penulis/tokoh yang cukup berpengaruh atau dikenal di masyarakat. Salah satu model promosi yang bisa dilakukan Evolitera untuk menarik pengguna baru dan mempertahankan yang lama dengan tetap menyediakan eBooks yang menarik bagi pengguna dan pembaca mereka.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again