StartupBerita

Facebook dikabarkan segera luncurkan webmail

Hari Senin minggu depan Facebook secara resmi mengundang beberapa media untuk datang ke sebuah announcement dari produk Facebook. Spekulasi dan rumor pun berhembus bahwa Facebook akan merilis Project Titan, yaitu fitur webmail yang dikabarkan akan menjadi Gmail killer. Memang dari pihak Facebook belum mengkonfirmasi hal ini, namun sepertinya rumor yang berhembus justru kian kencang.

Dan kini AOL juga mengumumkan bahwa mereka akan merilis pembaruan AOL Mail hari Minggu besok, sehari sebelum pengumuman dari Facebook. Proyek AOL Mail, yang dikenal juga dengan Project Phoenix, sampai saat ini memiliki lebih dari 30 juta pengguna dan berencana untuk terus menambah fitur agar mampu bersaing dengan GMail.

Dua pengumuman yang hampir bersamaan ini membuktikan bahwa email masih menjadi preferensi utama untuk komunikasi, bahkan di beberapa daerah alamat email sama pentingnya dengan nomor handphone sebagai point of contact. Misalnya saja layanan seperti Posterous yang mempertaruhkan core layanan mereka pada email, dan terbukti sukses. Email memang akan selalu hidup, dan lebih baik feature messaging di Facebook lebih baik dibuat lebih serius.

FbMail ini nantinya benar-benar akan seperti webmail yang berfungsi penuh layaknya GMail atau YahooMail, namun tentu saja integrasi ke Facebook akan dipastikan menjadi faktor utama yang akan menjadi daya tarik untuk pengguna. Meskipun banyak yang berkata bahwa FbMail akan mampu mengalahkan GMail, saya pikir masih butuh waktu yang agak lama untuk FbMail mengejar ketertinggalan dengan Gmail dan segala fitur-fiturnya.

Belum lagi masalah privacy yang belum diselesaikan sepenuhnya oleh Facebook, layanan jejaring sosial yang tidak menghormati privasi penggunanya tentu akan menghadapi kesulitan ketika merilis layanan email yang notabene membutuhkan trust yang tinggi untuk memfasilitasi aktivitas pengguna.

Dengan masalah privasi yang melanda Facebook, maukah anda tetap mencoba FbMail?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again