12 January 2017

by Bambang Winarso

Facebook Gulirkan Fitur Siaran Langsung di Fan Page via Web

Update lainnya berupa fitur Live Contributor yang memungkinkan pengguna non admin untuk ikut membuat siaran langsung

Membuat siaran langsung melalui smartphone kini lebih mudah dilakukan berkat hadirnya sejumlah aplikasi untuk itu. Salah satunya adalah Facebook Live. Tapi Facebook rupanya tak hanya ingin membantu memberikan akses tersebut ke pengguna perangkat seluler. Kini, jejaring sosial raksasa itu juga memboyong fitur yang sama ke platform web, di mana pengguna dapat menyiarkan video secara langsung menggunakan perangkat desktop.

Fitur yang secara khusus ditujukan untuk Fan Page tersebut hadir sebagai alternatif bagi pengelola fan page profesional dalam menghadirkan konten video yang bersifat interaktif dan langsung. Penggunan laptop juga memberikan keuntungan lain, di mana pengguna dapat menghindari guncangan seperti halnya jika menggunakan smartphone – meski sejumlah pengguna mengakalinya dengan memakai tripod.

Untuk melengkapi fitur tersebut, Facebook juga memberikan tool untuk menempelkan komentar pilihan di bawah video. Fitur ini memudahkan pengelola Page yang ingin membuat sesi tanya jawab, di mana penonton dapat lebih mudah mengetahui pertanyaan mana yang dijawab.

Bagian penting lain yang tak dilupakan adalah fitur untuk menambahkan pengguna lain yang bukan admin sehingga dapat ikut menyiarkan video siaran langsungnya ke dalam Page. Area ini dirancang bagi para jurnalis berita yang memang bekerja di dalam organisasi tersebut atau tenaga lepas yang mendapatkan tugas khusus meliput kegiatan tertentu. Selain berguna untuk penerbit, fitur Live Contributor juga berguna untuk pemasar yang ingin menampilkan video bintang iklan atau ambasador yang bertujuan mempromosikan produk yang ditawarkan.

Sumber berita Facebook.