Categories

Berita

Lewat "Laju Digital" Facebook Ingin Melatih UKM Optimalkan Media Sosial

Memprioritaskan kalangan UKM di Indonesia bagian timur

Randi Eka - 15 August 2018

Facebook Indonesia baru saja meresmikan program bertajuk "Laju Digital". Ditujukan untuk membantu UKM mengembangkan bisnis secara online. Program tersebut terdiri dari beberapa agenda. Pertama adalah sesi workshop peningkatan keterampilan digital bagi bisnis dan individu.

Untuk bisnis, workshop difokuskan pada materi pemanfaatan media sosial sebagai kanal pemasaran. Sedangkan untuk individu, workshop Laju Digital difokuskan untuk membantu meningkatkan profil media sosialnya. Kemudian agenda kedua, Facebook menggandeng Shopee untuk memberikan kelas pengembangan bisnis.

Kegiatan tersebut dielaborasi dengan "Kampus Shopee", salah satunya berjalan pada 11 Agustus 2018 lalu di Yogyakarta. Kedua perusahaan membekali para penjual dengan pengetahuan media sosial dalam optimasi bisnis e-commerce, termasuk bagaimana mengelola iklan digital supaya tepat sasaran dan menghasilkan ROI yang menguntungkan.

Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hattari, saat peluncuran Laju Digital di Jakarta mengatakan, visi besar dari kampanye tersebut pihaknya ingin mengeksplorasi bagaimana Facebook bisa digunakan untuk meningkatkan daya saing Indonesia. Facebook juga menggandeng Kemenkominfo, Kemendikbud, dan KemenkopUKM dalam pelaksanaannya.

Ditargetkan Laju Digital akan menyasar lebih dari 3 ribu UKM di 15 kota di Indonesia. Ruben turut menekankan, salah satu target prioritas (10 kota sasaran) adalah kota-kota di wilayah Indonesia bagian timur. Berbagai program akan intensif dimulai pada bulan September mendatang, dimulai dari Gorontalo, dilanjutkan ke kota lainnya termasuk Manokwari dan Kupang.

Tidak hanya Facebook, program serupa yang menyasar UKM juga dilakukan oleh perusahaan teknologi lain. Salah satu yang sudah lama berinisiatif adalah Google Indonesia. Program bertajuk UKM Go Online digelar melalui berbagai program pembinaan bertajuk "Gapura Digital" dan "Womenwill", bekerja sama dengan Kemenperin.

Bahkan pada Juli 2018 lalu Google melaporkan capaiannya telah melatih lebih dari 2600 UKM di Indonesia. Jika Facebook mengoptimalkan media sosial sebagai tools, Google memanfaatkan beberapa fitur optimasi website seperti Google My Business, Google Primer, dan Test My Site.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter