Categories

Social Media

Facebook Marketplace Permudah Kegiatan Jual-beli dengan Komunitas Lokal

Sementara ini baru tersedia di empat negara saja: Amerika Serikat, Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru

Glenn Kaonang - 4 October 2016

Jual-beli merupakan kegiatan yang umum dilakukan di sebuah Facebook Group. Melihat perkembangannya dalam beberapa tahun terakhir, Facebook merasa tergerak untuk menghadirkan fitur anyar guna mewadahi aktivitas jual-beli para penggunanya. Dari situ lahirlah Facebook Marketplace.

Marketplace pada dasarnya berfungsi untuk menjembatani pembeli dan penjual secara lebih optimal ketimbang mengandalkan Facebook Group. Di sini pengguna bisa menemukan berbagai macam produk yang dijual oleh komunitas pengguna di kawasannya, sekaligus menjadikannya tempat untuk membuka lapak jualannya sendiri.

Untuk mengakses Marketplace, akan ada sebuah tab baru pada aplikasi Facebook untuk Android maupun iOS. Dari situ pengguna bisa melihat deretan foto produk yang dijual oleh pengguna lain di lokasinya, atau melakukan pencarian dan memfilter hasilnya berdasarkan lokasi, kategori maupun rentang harga.

Klik sebuah produk, maka akan ditampilkan deskripsi beserta nama, foto profil dan lokasi penjualnya. Selanjutnya, pembeli tinggal melakukan penawaran dan berbincang secara langsung dengan penjual; pembayaran dan pengiriman berada di luar tanggung jawab Facebook.

Tampilan fitur Marketplace pada aplikasi Facebook untuk iOS / Facebook
Tampilan fitur Marketplace pada aplikasi Facebook untuk iOS / Facebook

Menjual barang di Marketplace tidak lebih sulit ketimbang meng-update status. Anda tinggal mengunggah foto produk yang hendak dijual, tuliskan nama, deskripsi beserta harganya. Kemudian konfirmasikan lokasi dan pilih kategori produk yang relevan (bisa perabot rumah, elektronik, pakaian dan sebagainya).

Untuk melihat barang-barang yang telah terjual atau sedang dijual, pengguna bisa mengakses tab Your Items. Di sini juga tersimpan percakapan dengan pembeli atau penjual lainnya, plus barang-barang dagangan yang sempat Anda bookmark.

Untuk sekarang, Marketplace baru bisa diakses oleh pengguna berusia 18 tahun ke atas di empat negara saja: Amerika Serikat, Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru. Dalam beberapa bulan ke depan, Facebook berencana untuk menyediakannya di lebih banyak kawasan sekaligus menghadirkan versi desktop-nya.

Sumber: Facebook.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter