Categories

Game

Facebook Mulai Cicipi Bidang Cloud Gaming

Inisiatif mereka berbeda jauh dari yang ditawarkan Microsoft, Google maupun Amazon

Glenn Kaonang - 27 October 2020

Saya yakin sebagian besar dari kita masih ingat zaman kita membuka Facebook hanya untuk memainkan FarmVille lebih dari satu dekade silam. Sekarang, FarmVille sedang bersiap untuk pensiun, dan Facebook juga sudah mengalihkan komitmennya ke teknologi HTML5 sebagai fondasi atas platform Instant Games mereka.

Sebagus-bagusnya HTML5, kapabilitasnya jelas kalah dibanding aplikasi native. Itulah mengapa katalog Facebook Instant Games kebanyakan berisi permainan yang bahkan lebih sederhana daripada game mobile. Namun tidak selamanya harus seperti itu, sebab Facebook sudah menyiapkan alternatif lain dalam wujud cloud gaming.

Sebelum Anda salah tangkap, perlu ditekankan bahwa ini bukan layanan pesaing Google Stadia, Microsoft xCloud, atau Amazon Luna. Ketimbang jadi layanan terpisah, cloud gaming justru menjadi salah satu fitur Facebook Gaming, dan duduk bersebelahan dengan Instant Games itu tadi.

Dari perspektif sederhana, Facebook melihat cloud gaming ini sebagai cara untuk menyuguhkan permainan yang mustahil dapat terwujud menggunakan HTML5 dan segala keterbatasannya. Game seperti Asphalt 9: Legends, Mobile Legends: Adventure, WWE SuperCard, dan Dirt Bike Unchained adalah sebagian contohnya.

Ya, semua game tersebut memang merupakan game free-to-play yang sudah bisa kita mainkan sekarang juga di smartphone atau tablet, tapi sekarang kita juga bisa memainkannya lewat aplikasi Facebook Gaming di Android, maupun di browser komputer dengan mengunjungi fb.gg/play.

Facebook cloud gaming

Oke, mungkin bukan kita semua, melainkan saudara atau kerabat kita yang tinggal di Amerika Serikat, mengingat fitur cloud gaming ini memang masih berstatus beta dan baru tersedia di sana saja. Di luar AS, tautan tadi bakal membawa Anda ke koleksi Facebook Instant Games seperti biasa.

Facebook menekankan bahwa mereka tidak punya maksud menerapkan model bisnis seperti layanan cloud gaming pada umumnya. Semua cloud game yang Facebook tawarkan dapat dimainkan secara cuma-cuma, meski memang ada konten in-app purchase seperti yang bisa kita jumpai pada permainan yang sama di smartphone.

Kendati demikian, bukan tidak mungkin ke depannya Facebook bakal menawarkan game premium pada katalog cloud gaming-nya, apalagi mengingat Facebook memang sempat mengakuisisi sebuah layanan cloud gaming bernama PlayGiga menjelang akhir tahun 2019 kemarin. Namun untuk sekarang, fokus mereka hanya terbatas untuk permainan free-to-play saja.

Belum diketahui kapan fitur cloud gaming ini bakal menyambangi pengguna Facebook di negara lain. Facebook juga belum bisa bicara banyak soal ketersediaannya di platform iOS, sebab Apple memang menerapkan kebijakan yang luar biasa ketat.

Sumber: Facebook.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter