Categories

Misc

Facebook Perkenalkan Workplace, Alternatif Slack yang Lebih Komprehensif

Sepintas tampak seperti Facebook, tapi dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan kolaborasi tim dalam perusahaan atau organisasi

Glenn Kaonang - 11 October 2016

Facebook baru-baru ini mengumumkan produk terbarunya yang ditujukan untuk perusahaan maupun organisasi dengan skala apapun. Dijuluki Workplace (sebelumnya bernama Facebook at Work), Facebook sebenarnya sudah mengujinya selama sekitar satu tahun, dan mulai hari ini Workplace sudah siap untuk meluncur secara massal.

Workplace membawa sejumlah fitur yang sudah sangat kita kenal dari Facebook, seperti News Feed misalnya, tapi tentunya diimbuhi optimalisasi untuk kebutuhan kolaborasi antar tim. Facebook sendiri mengaku telah menggunakannya secara internal selama beberapa tahun.

Sejauh ini diperkirakan sudah ada lebih dari 1.000 organisasi atau perusahaan yang menggunakan Workplace di semua benua kecuali Antartika. Dari yang kecil sampai yang sebesar Danone, Starbucks atau Booking.com, semuanya telah memakai Workplace untuk memudahkan komunikasi antar tim tanpa dibatasi jarak.

Akun yang digunakan untuk Workplace berbeda dari akun pribadi Facebook Anda / Facebook
Akun yang digunakan untuk Workplace berbeda dari akun pribadi Facebook Anda / Facebook

Sepintas Workplace bisa dianggap sebagai Slack versi Facebook. Namun Workplace masih mengadopsi sejumlah elemen jejaring sosial bersamaan dengan fitur group, chatting satu lawan satu maupun video call dan live streaming. Yup, dengan Workplace pada dasarnya kita bisa mengikuti presentasi CEO perusahaan yang berada di markas utama di Amerika Serikat secara real-time dari kantor cabang di Indonesia.

Fitur search tidak lupa diintegrasikan ke dalam Workplace, sehingga pengguna bisa mencari apapun yang mereka butuhkan, baik dari News Feed maupun percakapan dengan rekan kerja. Oh ya, perlu dicatat juga, akun yang digunakan untuk Workplace adalah akun baru dan bukan akun pribadi yang Anda pakai di Facebook.

Fitur upload foto/video, chatting, search maupun live streaming tersedia dalam Workplace / Facebook
Fitur upload foto/video, chatting, search maupun live streaming tersedia dalam Workplace / Facebook

Facebook menerapkan skema harga yang kompetitif untuk Workplace. Konsepnya adalah, perusahaan atau organisasi hanya perlu membayar sejumlah apa yang mereka gunakan. Demikian rinciannya:

  • $3 per orang untuk jumlah user aktif sampai 1.000 orang setiap bulannya
  • $2 per orang untuk jumlah user aktif 1.001 – 10.000 orang setiap bulannya
  • $1 per orang untuk yang memiliki lebih dari 10.000 jumlah user aktif setiap bulan

Facebook akan memberikan trial gratis selama tiga bulan. Khusus untuk organisasi non-profit atau institusi pendidikan, mereka dapat menggunakan Workplace secara cuma-cuma, berdasarkan keterangan yang terdapat di laman rincian skema harga situs Workplace.

Kalau Anda punya perusahaan atau organisasi yang tertarik dengan alternatif Slack yang lebih komprehensif sekaligus membawa ‘bumbu’ jejaring sosial, silakan mendaftar melalui situs resmi Workplace.

Sumber: Facebook.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter