Categories

Social Media

Facebook Luncurkan Fitur Quiet Mode untuk Membantu Membatasi Penggunaan

Jadwalkan Quiet Mode selama jam kerja agar konsentrasi tidak terganggu

Glenn Kaonang - 13 April 2020

Bekerja atau belajar dari rumah menuntut kedisiplinan diri yang baik. Kalau tidak disiplin, perhatian kita akan mudah sekali teralihkan, apalagi mengingat tidak ada orang lain yang mengingatkan seperti saat sebelum pandemi.

Pengalih perhatiannya tentu ada banyak, tapi yang paling umum biasanya adalah media sosial, entah itu Instagram, Twitter ataupun Facebook. Untuk Facebook, Zuckerberg dkk setidaknya bakal menyediakan cara supaya kita tidak terus menyia-nyiakan waktu di platform tersebut.

Cara yang dimaksud adalah fitur bernama Quiet Mode. Fitur ini dirancang untuk membatasi penggunaan Facebook selama beberapa waktu (yang pengguna tentukan sendiri masing-masing), sekaligus memblokir hampir semua notifikasi yang masuk.

Untuk mengaktifkan Quiet Mode, pengguna bisa membuka menu Settings & Privacy di aplikasi Facebook, lalu pilih opsi Your Time on Facebook. Quiet Mode juga bisa dijadwalkan kalau perlu, semisal selama jam kerja di hari Senin – Jumat.

Selagi Quiet Mode aktif, aplikasi Facebook akan menampilkan waktu yang tersisa sebelum Quiet Mode berakhir. Pengguna yang bandel tentu masih bisa menonaktifkan Quiet Mode secara manual dan lanjut mengakses Facebook seperti biasa, namun setidaknya aplikasi bakal mengingatkan mereka terlebih dulu sebelum itu terjadi.

Sayang perilisan Quiet Mode dilakukan secara bertahap. Saat artikel ini dituliskan, saya belum menemukan fiturnya pada versi terbaru aplikasi Facebook di iPhone.

Sumber: The Next Web dan Facebook.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter