1. Lifestyle

Facebook Resmi Luncurkan Gameroom, Platform Gaming-nya untuk PC

Bakal bersaing langsung dengan Steam, sekaligus menjadi bukti bahwa Facebook belum mau menyerah di ranah gaming

Anda mungkin tidak menyadarinya, tapi Facebook sempat menjadi pusat berkumpulnya para gamer di tahun 2009 - 2010. Jutaan orang memainkan FarmVille, Texas HoldEm Poker, Restaurant City dan masih banyak lagi setiap harinya di masa-masa tersebut, hingga akhirnya Android dan iOS mengambil alih dominasi Facebook di ranah casual gaming.

Namun Facebook belum mau menyerah. Dalam beberapa bulan terakhir, mereka rupanya sibuk menggodok sebuah platformgame baru untuk PC, dan hari ini mereka sudah siap merilisnya. Dinamai Facebook Gameroom, Zuckerberg dkk secara resmi menantang Gabe Newell dkk dengan platform Steam-nya.

Game dalam Gameroom dibuat atau di-port menggunakan engine Unity

Gameroom pada dasarnya menawarkan kebebasan bermain game dari beragam genre seperti yang Facebook suguhkan selama ini, hanya saja tanpa 'gangguan' News Feed dan performa yang lebih baik ketimbang di browser. Di saat yang sama, elemen sosial yang sudah menjadi akar Facebook tetap ditonjolkan; Anda bisa membagikan progress dalam suatu game dengan mudah atau berpartisipasi dalam live chat.

Game yang tersedia di Gameroom sendiri merupakan variasi antara web game, mobile maupun yang dikembangkan secara khusus untuk Gameroom. Cakupan genre-nya juga cukup luas, mulai dari shooter, strategy, RPG, puzzle, simulasi sampai tentu saja casual game.

Cakupan genre dalam Gameroom cukup bervariasi

Developer bisa meng-export karyanya untuk Gameroom menggunakan engine Unity. Facebook sendiri akan mengambil 30 persen penghasilan yang didapat, namun sebagai gantinya developer dijanjikan pengguna potensial dalam jumlah yang besar – seandainya Gameroom bisa memikat hati mayoritas pengguna Facebook.

Facebook Gameroom saat ini sudah bisa diunduh langsung dari situsnya. Versi sistem operasi minimum yang diwajibkan adalah Windows 7.

Sumber: TechCrunch.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again