1. Startup

Facebook Segera Buka Kantor Perwakilan di Indonesia?

Indonesia mungkin adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna Facebook paling besar di dunia, namun sampai saat ini Facebook belum memiliki kantor perwakilan di sini -- meskipun langkah ini tidak sepenuhnya diperlukan. Beberapa informasi akhir-akhir ini mengindikasikan bahwa Facebook bakal menyiapkan perwakilannya di Indonesia. Pagi ini kami memperoleh informasi jika Facebook sedang mencari Growth Manager untuk Indonesia, yang berbasis di Singapura.

Meskipun Growth Manager ini merupakan posisi berbasis kontrak dengan durasi yang tidak begitu lama, ini (nampaknya) adalah pertama kalinya Facebook secara resmi mencari pegawai khusus untuk mengurusi Indonesia. Pertumbuhan pengguna Facebook di Indonesia yang mulai stagnan nampaknya telah mencuri perhatian dan posisi ini bertanggung jawab untuk meningkatkan pertumbuhannya kembali.

Kami juga memperoleh informasi dari sumber yang terpercaya bahwa perwakilan Facebook di Singapura tengah mencari kandidat yang tepat bagi Country Manager Facebook untuk Indonesia. Jika hal ini memang benar, kami memprediksikan Facebook bakal membuka kantor perwakilannya di Indonesia tahun 2013. Saat ini keberadaan Facebook di kawasan Asia Tenggara ditandai dengan kantor perwakilan di Singapura dan Malaysia.

Selain kedua informasi tersebut, kemarin juga diadakan Facebook Developers World HACK di Jakarta sebagai bagian dari rangkaian acara yang diadakan di 12 kota di dunia. Pemenang acara ini (dimenangkan oleh tim dari Bubu Labs), meskipun tidak selalu, berkesempatan untuk memperoleh tawaran sebagai Engineer di Facebook. Sementara ini memang belum ada pembukaan posisi Engineer untuk kantor Facebook di Singapura dan Malaysia, tapi dipilihnya Jakarta sebagai satu dari tiga kota di Asia untuk acara ini (selain Taipei dan Bengalore) menunjukkan tingginya minat Facebook untuk menggali potensi Software Engineer di sini.

Sejumlah kantor perwakilan perusahaan Internet besar di Indonesia sebelumnya melakukan metode serupa sebelum akhirnya benar-benar membuka kantor perwakilannya di sini. Sebut saja Yahoo! dan Google yang memulai perekrutannya melalui kantor Singapura untuk sejumlah pegawai kunci.  Yahoo! hadir di Indonesia di tahun 2010, sementara Google secara resmi membuka kantornya di sini awal tahun ini.

[sumber gambar: Flickr/apostolosp]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again