1. Startup

Facebook Sering Berubah, Pengembang Aplikasi Jadi Korbannya

Mengembangkan aplikasi untuk Facebook tak selamanya merupakan sebuah cerita yang manis. Sebagai platform dengan ratusan juta pengguna, potensi keuntungan yang bisa dipetik dari mengembangkan aplikasi untuk Facebook memang menggiurkan. Namun, ada juga pengalaman pahit yang dialami beberapa pengembang dalam mengembangkan aplikasi untuk Facebook.

CNET merilis cerita tidak menyenangkan beberapa pengembang dalam berurusan dengan Facebook. Pengalaman tersebut umumnya terjadi karena seringnya Facebook merilis perubahan dalam platformnya baik perubahan-perubahan kecil maupun perubahan besar seperti update dari halaman Facebook biasa menjadi halaman Timeline.

Karena perubahan tersebut, beberapa aplikasi Facebook bisa berubah drastis dari yang sebelumnya populer menjadi biasa aja. Contohnya terjadi pada aplikasi BandPage. Aplikasi yang memanfaatkan fitur Facebook yang bernama “default landing tab” tersebut mengalami penurunan trafik hingga 90% begitu Facebook memutuskan untuk mematikan fitur tersebut dengan hadirnya Facebook Timeline.

Selain sering melakukan perubahan, tantangan lain dalam mengembangkan aplikasi di Facebook adalah karena Facebook tidak secara jelas menjelaskan bagaimana sebuah posting pengguna atau aplikasi dapat muncul di halaman News Feed. Selain tidak jelas, algoritma yang digunakan juga ditengarai sering berubah.

Facebook juga sering kali mengadakan uji coba atas nama “meningkatkan pengalaman pengguna”. Karena Facebook dapat menentukan sebuah aplikasi dapat dilihat oleh satu juta atau hanya seribu pengguna, sebuah aplikasi bisa jadi tiba-tiba terlihat begitu populer hanya karena Facebook memutuskan untuk mengujinya sehingga bisa terlihat oleh jutaan orang.

Karena kedua hal tersebut, pengembang tidak bisa memastikan apakah aplikasinya benar-benar telah menjadi populer. Pada suatu ketika sebuah aplikasi bisa terlihat begitu populer, tetapi juga bisa secara tiba-tiba langsung tenggelam.

Facebook memang bisa menjadi salah satu alternatif bagi pengembang untuk mengembangkan aplikasi. Namun, karakter platform Facebook yang terus menerus berubah-ubah ini membutuhkan perhatian khusus dari para pengembangnya untuk selalu mengikuti dan merespon perubahan yang terjadi tersebut. Pengembang harus menjadikan cerita-cerita tidak menyenangkan ini sebagai rambu-rambu jika ingin mengembangkan aplikasi dalam platform Facebook.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again