11 December 2017

by Glenn Kaonang

Facebook Luncurkan Sound Collection, Koleksi Lagu dan Sound Effect Gratis untuk Kreator Video

Ribuan lagu dan sound effect yang tersedia bisa digunakan secara cuma-cuma dan tanpa syarat, selama videonya dibagikan ke Facebook atau Instagram

Bukan rahasia apabila Facebook menyimpan ambisi untuk bisa menyaingi YouTube. Bulan lalu, mereka merilis aplikasi Facebook Creator yang menghadirkan sederet tool untuk membantu siapapun yang tertarik untuk menciptakan video orisinil, lengkap dengan fitur analytics yang cukup komprehensif.

Facebook tentu saja masih harus menghadapi perjalanan yang cukup panjang untuk bisa menapak ke level YouTube, dan mereka memang belum mau berhenti. Baru-baru ini, mereka memperkenalkan Facebook Sound Collection, dengan tujuan untuk memudahkan para kreator dalam menyisipkan musik dan sound effect agar video yang dibuatnya jadi kian menarik.

Sound Collection pada dasarnya memberikan kita akses ke ribuan lagu dan sound effect tanpa melibatkan biaya sepeser pun. Semua konten audio ini bebas dipergunakan secara cuma-cuma pada video yang kita buat, selama video tersebut dibagikan ke Facebook atau Instagram.

Facebook memang tidak menyebut secara eksplisit bahwa mereka melarang penggunaan konten dalam Sound Collection pada video YouTube, tapi saya cukup yakin mereka akan memperkarakannya jikalau ada yang nekat. Dan firasat saya mengatakan tidak sedikit yang bakal nekat melakukannya.

Ini dikarenakan semua lagu maupun sound effect dalam Sound Collection bisa diunduh secara cuma-cuma, dengan format file ".m4a". Total sejauh ini sudah ada 1.000 lagu dan 1.504 sound effect dalam Facebook Sound Collection yang semuanya dikategorikan berdasarkan genre masing-masing.

Lagu-lagunya sendiri ada yang dilengkapi vokal ada yang tidak, serta dapat disortir berdasarkan mood. Sebelum mengunduh, masing-masing lagu dan sound effect juga bisa di-stream lebih dulu. Saya tidak heran apabila bakal ada pengguna yang memanfaatkannya sebagai layanan streaming musik gratisan mengingat koleksinya cukup banyak dan unik.

Sound Collection sudah bisa diakses sekarang juga melalui situs resminya. Ingat, semuanya gratis, tapi hanya untuk video yang bakal diunggah ke Facebook atau Instagram saja. Kita lihat saja apakah upaya Facebook ini mampu membuat banyak YouTuber berpaling hati atau tidak.

Sumber: Facebook.