Categories

Mobile

Bidik Periscope, Facebook Uji Fitur Live Video untuk iOS (Update)

Selain Live Video, Facebook juga menghadirkan fitur Collages untuk pengguna perangkat iOS

Bambang Winarso - 4 December 2015

Facebook tampaknya makin serius dalam upayanya menjegal Snapchat Periscope. Setelah menghadirkan live video untuk para selebritis dan jurnalis, kemarin raksasa jejaring sosial itu memboyong fitur serupa untuk pengguna Facebook khususnya pemilik perangkat iOS di Amerika Serikat, walaupun masih dibatasi untuk beberapa pengguna saja. Namun tetap saja ini adalah sebuah kabar gembira, apalagi menurut Facebook, fitur Live Video-nya ini berbeda cukup memiliki fasilitas lain dengan kepunyaan Snapchat layanan sejenis, misalnya Periscope atau Meerkat.

Apanya yang berbeda? Alih-alih dihapus setelah dilihat oleh penerima. Video yang dikreasikan oleh Live Video di Facebook akan disimpan dan tetap terlihat secara permanen di timeline sampai dihapus oleh pengguna.

live-press-image

Cara kerjanya fitur ini tidak rumit, pengguna akan mendapati sebuah ikon baru berlabel Live Video yang terletak di bawah status update. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan panel siaran dan kepada siapa saja siaran tersebut akan ditayangkan. Setelah siaran mengudara, orang-orang yang sudah dipilih akan memperoleh notifikasi dan di sana mereka dapat meninggalkan komentar secara real-time.

Setelah siaran video berakhir, video akan disimpan ke timeline dan tetap berada di sana jika suatu waktu ingin ditonton kembali. Facebook juga menambahkan tombol berlangganan yang membantu pengguna untuk memperoleh notifikasi saat siaran baru ditayangkan.

facebook collages

Bersamaan dengan pengumuman fitur Live Video, Facebook juga memperkenalkan fitur baru bernama Collages. Dari namanya sobat tentu dapat memahami fitur apa yang ditawarkan. Tapi tak seperti yang Anda bayangkan, Collages tidak hanya bisa membuat kolase dari kumpulan foto di momen yang sama, tapi juga termasuk video di dalamnya. Facebook juga menyertakan opsi editing yang memberi keleluasaan kepada pengguna untuk mengatur sendiri ukuran dan jumlah foto yang terangkum di dalamnya.

Fitur Collages lagi-lagi baru dihadirkan untuk pengguna iOS mulai hari ini, sementara untuk Android baru akan terealisasi tahun depan.

Sumber berita Fb

Koreksi: Kurang tepat tentunya jika membandingkan fitur live video ini dengan Snapchat. Mohon maaf jika artikel sebelumnya kurang tepat. Sudah diperbaiki.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id