1. Startup

Facebook untuk BlackBerry PlayBook, Pertama untuk Tablet

Research In Motion (RIM) mengumumkan ketersediaan aplikasi Facebook untuk BlackBerry PlayBook. Ini merupakan aplikasi Facebook pertama yang dioptimalisasi untuk tablet. Sampai sekarang belum ada aplikasi Facebook resmi untuk iPad, Android 3.0 (Honeycomb) ataupun platform Tablet lainnya. Dengan kode versi 1.0.2, aplikasi berukuran 4636 KB ini sudah dapat diunduh melalui App World di tautan ini. Facebook untuk PlayBook juga akan menjadi showcase bagi ajang BlackBerry World 2011 yang diadakan di Orlando mulai hari ini.

Tom Goguen, VP Collaboration and Social Networking, RIM, dalam rilis persnya mengatakan, "Ada lebih dari 30 juta pengguna Facebook untuk BlackBerry kami yang tetap berhubungan dengan jaringan sosialnya ketika bepergian. Sekarang dengan Facebook untuk BlackBerry PlayBook kami dapat menawarkan kepada konsumen pengalaman sosial yang sangat erat dan dioptimalisasi untuk PlayBook termasuk kemampuan membagi foto dan video di Facebook dengan teman dan keluarga melalui sebuah HDTV."

Facebook untuk BlackBerry PlayBook mengakomodasi Facebook Chat, sesuatu yang belum pernah ada untuk aplikasi Facebook di BlackBerry sebelumnya. Chat akan memanfaatkan 2 kolom untuk teman dan percakapan yang ada. Notifikasi untuk Chat yang baru  juga tersedia di Navigation Bar, sehingga sambil berselancar dengan aplikasi Facebook ini, pengguna tetap dapat meng-update perbincangan dengan lawan bicaranya. Selain Chat, Facebook untuk BlackBerry PlayBook juga menampilkan News Feed, Messages, Photo Uploading dan Friend List dengan baik, terima kasih kepada layar 7 inci yang lega. Tak lupa juga Notification yang membantu menginformasikan segala update secara real time.

Tak dapat dipungkiri bahwa semakin banyak penampakan aplikasi di BlackBerry PlayBook, terutama aplikasi-aplikasi populer, akan menambah minat pecinta gadget untuk mencobainya dan bisa bersaing dengan kompetitor kuat, terutama Apple iPad. Tinggal menunggu tersedianya aplikasi Twitter dan permainan Angry Birds untuk tersedia secara native supaya semakin banyak alasan untuk menggunakan BlackBerry PlayBook ini.

Saat ini Angry Birds bisa dimainkan di PlayBook dalam bentuk flash game. BlackBerry PlayBook sendiri di ranah Amerika terhitung lebih baik dalam hal penjualan ketimbang Motorola XOOM yang berbasis Android Honeycomb. Meski demikian pasar Tablet masih dikuasai oleh Apple iPad.

Berikut adalah cuplikan tampilan Facebook untuk BlackBerry PlayBook.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again