15 December 2015

by Glenn Kaonang

Inilah 10 Topik yang Paling Banyak Dibicarakan di Facebook Sepanjang Tahun 2015

Diwarnai banyak tragedi yang melanda sejumlah lokasi di dunia

Hanya beberapa hari setelah Twitter mengumumkan momen dan tagar terpopuler, kini giliran Facebook yang merilis ulasan tahunannya. Dikemas secara apik dalam situs khusus bertajuk Year in Review, di situ ditampilkan daftar 10 topik yang paling banyak dibicarakan di Facebook sepanjang tahun 2015, serta daftar lainnya yang mencakup film maupun musisi terpopuler.

Deretan daftar tersebut disusun dari seluruh post yang dibuat sejak tanggal 1 Januari sampai 1 Desember kemarin. Facebook menganalisa dan mengalkulasi seberapa sering sebuah topik dimuat dalam suatu post.

Dalam daftar topik yang paling banyak dibicarakan secara global, bisa kita lihat bahwa daftar itu banyak diwarnai oleh tragedi di berbagai lokasi, mulai dari serangan teroris di Paris baru-baru ini sampai dengan gempa bumi di Nepal maupun krisis moneter yang melanda Yunani.

Seperti yang kita tahu, banyak pengguna yang memanfaatkan Facebook sebagai ajang untuk menunjukkan rasa peduli dan solidaritas terhadap mereka yang bernasib kurang beruntung tersebut. Apalagi mengingat Facebook juga ikut ambil tindakan, seperti menawarkan filter bendera Perancis untuk dijadikan background foto profil pengguna.

Beralih ke daftar yang lain, yakni 10 film paling hot, kita tak perlu terkejut melihat Star Wars: The Force Awakens memuncaki daftar tersebut. Trailer demi trailer dari film itu menyebar secara cepat melalui Facebook, dan hype-nya malah semakin menguat mendekati bulan Desember ini.

Di posisi kedua, ada Furious 7 yang soundtrack-nya berhasil menjadi video musik paling populer di YouTube untuk tahun 2015 ini, baik di Indonesia maupun secara global. Kendati demikian, bukan berarti musisi yang paling top adalah Wiz Khalifa. Gelar tersebut malah jatuh ke Ed Sheeran, seperti yang bisa dilihat pada gambar di bawah.

Daftar lengkapnya bisa Anda lihat langsung di situs Year in Review, yang mencakup beragam kategori seperti atlet terpopuler, video game, TV show sampai sticker pack.

Sumber: Facebook.