1. Startup

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Gelar Situs Galeri Produk Riset dan Inkubasi Bisnis

Salah satu kampus yang menyediakan jurusan ilmu komputer di Indonesia, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI), menyediakan situs yang berfungsi sebagai galeri (Gallery) di mana setiap produk riset, inkubasi bisnis, maupun aplikasi dan games yang telah dihasilkan digelar dan dipamerkan.

Sebagai salah satu jurusan yang mendukung terciptanya pengembang-pengembang lokal yang independen, berorientasi riset dan kewirausahaan, tentu saja langkah pengelola jurusan ini patut diapresiasi. Di sini kita bisa melihat berbagai hasil yang telah atau sedang dikerjakan oleh mahasiswa dan alumninya. Setidaknya saat ini kita tahu bahwa Fasilkom UI melalui bantuan dana dari Bank Dunia tengah menginkubasi tiga jenis bisnis, yang memungkinkan pihak luar (termasuk investor yang berminat) untuk mengetahui proyek seperti ini.

Tersedia pula berbagai jenis aplikasi dan games yang merupakan hasil studi mahasiswa sebagai tugas kuliahnya, di mana kebanyakan sekarang berorientasi untuk platform mobile, di mana beberapa di antaranya sudah tersedia di Nokia Store/Ovi Store dan Google Play Store.

Kami berbincang via email dengan Ade Azurat dari Fasilkom UI tentang produk Gallery ini. Kami bertanya tentang produk riset, publikasi dan apakah produk seperti ini siap pakai untuk masyarat. Ade mengatakan bahwa publikasi masing riset selama ini diserahkan kepada masing2 peneliti. Fakultas secara berkala punya event (ilmiah) untuk melakukan publikasi riset. Disebutkan juga bahwa pemberi dana riset memiliki jadwal seminar untuk publikasi. Namun Ade mengakui bahwa sering kali produk riset ini memang belum tentu "siap pakai" menurut kriteria orang umum.

Tentang produk inkubasi, saat ini Ade menyebutkan bahwa tiga bisnis yang diinkubasi belum memperoleh pendanaan luar. Tentu saja pihak Fakultas tidak menutup peluang bagi investor luar, tapi pasti ada syarat dan ketentuan supaya bisnis yang diinkubasi ini bisa dan siap menerima pendanaan dari pihak eksternal.

Terakhir berkaitan dengan proyek mahasiswa yang berupa aplikasi dan games, Ade menyebutkan bahwa Fakultas memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk terus mengembangkan atau menjadikannya sebagai bisnis. Lanjutnya Fakultas merasa produk tersebut adalah karya mahasiswa sendiri. Tetapi  bila masih dibutuhkan dukungan (untuk pengembangan lebih lanjut), ide tersebut bisa diusulkan sebagai unit ventura Fasilkom UI.

Menurut saya sangat menarik jika setiap universitas di Indonesia memberikan dukungan seperti ini untuk mahasiswa jurusan ilmu komputernya. Dukungan bukan sekedar suapan informasi teknis, tetapi juga bagaimana mendapatkan hubungan (koneksi) dengan pelaku bisnis aplikasi berbasis Teknologi Informasi dan investor secara umum.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again