1. Startup

Fasilitas Baru Dari Goorme: Goorme Mobile Serta Layanan Pencarian Berbasis Lokasi

Goorme mengumumkan beberapa pembaruan dari layanan mereka, setelah sebelumnya menambah fitur peta, kini mereka memperbaharui tampilan header situs mereka dengan penekanan pada kolom pencarian serta sistem pencarian baru, Goorme juga mengumumkan berbagai hal baru dari layanan Goorme Mobile.

Untuk Goorme Mobile, selain mengatur ulang konten yang ditampilan pada Goorme versi mobile yang kini memfokuskan pada informasi yang paling dibutuhkan oleh pengguna pada seperti informasi atas restoran, promosi dan menu, Goorme juga kini memberikan layanan pecarian berbasis lokasi di versi perangkat bergerak.

Fasilitas ini memungkinkan pengguna untuk memberitahu lokasi di mana mereka berada, kemudian Goorme akan membantu memberikan kemudahan untuk melakukan pencarian atas direktori tempat makan, menu atau promosi yang sedang berlangsung di lokasi tertentu.

Ketika Anda membuka m.goorme.com maka nanti akan muncul keterangan yang memberitahukan Anda untuk melakukan pengaturan atas lokasi yang Anda inginkan (lokasi ini bisa diubah dilain waktu). Pengaturan lokasi ini bisa berupa kota atau nama pusat perbelanjaan. Setelah melakukan pengaturan lokasi, pengguna bisa melakukan pencarian dan hasil pencarian yang akan didapatkan akan dikerucutkan berdasarkan lokasi yang telah diatur oleh pengguna.

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan hasil pencarian dengan menambahkan keterangan @ 'lokasi yang diinginkan' untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik misalnya pusat perbelanjaan tertentu.

Pengguna juga bisa melakukan pencarian atas lokasi tertentu berdasarkan beberapa pilihan konten yang ada di Goorme, misalnya hanya restoran saja, promosi yang sedang berlangsung, artikel, resep atau yang lainnya.

Untuk hasil pencarian atas lokasi tertentu, Goorme juga menampilkan berbagai keterangan atas lokasi tersebut, seperti menu, keterangan lokasi lengkap dengan tautan peta yang bisa dilihat oleh pengguna, promosi (jika ada program promosi yang sedang berlangsung) serta review yang dilakukan oleh pengguna atas lokasi tersebut, termasuk juga keterangan peringkat dan kategori dari lokasi yang ada di hasil pencarian.

Goorme juga menambahkan pilihan bagi pengguna perangkat bergerak yang tidak ingin menampilkan gambar pada hasil pencarian, jadi nantinya thumbnails dari lokasi tidak akan muncul. Sebuah fasilitas yang bisa dinikmati untuk para pengguna dengan kuota internet yang terbatas atau yang hanya ingin menikmati konten berupa teks dari Goorme saja.

Beberapa fasilitas lain yang bisa dinikmati oleh pengguna Goorme Mobile yaitu, pengaturan personalisasi yang bisa ditemukan di pilihan 'preference', kemudian akses untuk bookmarks, serta fasilitas untuk melihat percakapan atau komentar dari konten tertentu di Goorme.

Seiring dengan perkembangan yang dilakukan Goorme pada layanan untuk perangkat bergerak mereka, kini tampilan header situs Goorme berubah, kini tampilan header situs mereka lebih menekankan pada kolom pencarian, fasilitas untuk submit konten serta fitur pencarian mereka yang baru yaitu pencarian berbasis lokasi. Seperti yang dituliskan pada blog mereka, dengan tampilan yang baru ini pengguna bisa melakukan pencarian berdasarkan lokasi, dengan kombinasi kata kunci ditambahkan dengan keterangan @ 'lokasi yang diinginkan'.

Hasil pencarian lokasi juga bisa memberikan hasil pencarian yang cukup spesifik sampai ke lokasi yang ada di pusat berbelanja tertentu. Pengguna juga bisa melakukan seleksi atas konten yang ingin dicari apakah berdasarkan artikel, lokasi, program promosi, resep, dan lain-lain. Ketika pengguana memasukan kata kunci untuk hasil pencarian, Goorme juga akan memberikan rekomendasi pilihan lokasi secara otomatis mengikuti kata kunci yang diketikkan.

Saya mencoba beberapa fasilitas baru dari Goorme ini, dan hasil pencarian yang diberikan di versi web cukup baik, pilihan rekomendasi otomatis juga memudahkan untuk memilih lokasi tempat makan yang ada di Goorme. Untuk versi mobile, hasil pencarian berdasarkan lokasi bisa memberikan hasil pencarian yang lebih spesifik dengan pengaturan yang dilakukan di awal. Namun teks yang juga berfungsi sebagai tautan terasa kurang jelas (saya menggunakan Nokia 5230), perbedaaan teks berwarna abu untuk teks yang tanpa tautan dan teks berwarna hitam untuk teks yang berfungsi sebagai tautan masih kurang terlihat.

Versi perangkat bergerak dari suatu layanan tertentu memang sangat penting, akses internet dari perangkat bergerak memegang peranan yang cukup krusial dari akses internet di Indonesia, pilihan Goorme untuk memberikan fasilitas pencarian berdasarkan lokasi juga menarik, setidaknya bisa mempercepat dan menyempitkan hasil pencarian berdasarkan preferensi pengguna, pengaturan tampilan versi mobile juga memberikan fasilitas informasi yang tetap lengkap, namun tetap ramah untuk tampilan ponsel.

Goorme juga berencana untuk mengembangkan berbagai pembaruan lagi untuk fasilitas Goorme Mobile dan hasil pencarian berbasis lokasi, seperti hasil pencarian berdasarkan distrik serta memaksimalkan tampilan Goorme untuk peramban pada perangkat bergerak, sambil menunggu fasilitas lain yang ditambahkan, bagi pembaca DailySocial yang ingin mencoba Goorme Mobile bisa mencobanya di tautan m.goorme.com dari perangkat bergerak Anda, dan jangan lupa untuk membagikan pengalaman menggunakan hasil pencarian berbasis lokasi serta Goorme Mobile pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again