1. Startup

Fasilitas Baru Dari Rockto.com dan Strategi Menjelang Liburan

Setelah menambahkan fitur bagde dan menambahkan layanan Rockto Store, Rockto.com kini melakukan beberapa pembaruan dari layanan mereka, serta menjalankan strategi untuk menarik pengguna.

Rockto.com merupakan layanan social recommendation platform, di mana pengguna bisa membagikan berbagai konten lewat situs mereka, Rockto memberikan layanan social bookmarking namun dengan beberapa gimmick, seperti unsur permainan yang dijalankan dengan sistem badge dan pengumpulan poin yang bisa ditukarkan dengan barang tertentu di Rockto Store.

Seperti halnya dengan layanan yang menyediakan fasilitas badge, dan seperti yang pernah saya singgung juga di tulisan saya sebelumnya, bahwa salah satu yang perlu diperhitungkan adalah strategi penambahan badge. Sebagai unsur permainan, tentunya penambahan badge harus mampu membawa tantangan yang menarik secara terus-menerus atau bisa juga disesuaikan dengan event tertentu, seperti liburan misalnya.

Dan mengingat bulan Desember-Januari erat kaitannya dengan liburan, momen ini pula yang sepertinya ingin dimanfaatkan oleh Rockto.com. Saat ini ada program hadiah untuk menyambut liburan berupa iPod Touch serta iPod Shuffle bagi para pengguna Rockto. Cara mendapatkannya tentu saja dengan melakukan berbagai aftivitas di situs mereka, persyaratan yang dibutuhkan adalah mendapatkan poin tertentu (7500 untuk iPod Touch dan 3500 untuk iPod Shuffle), ditambah dengan memiliki Fanboy Badge. Fanboy Badge sendiri merupakan badge yang bisa didapatkan dengan mengikuti 75 pengguna lain yang telah terdaftar di Rockto.

Sebelumnya Rockto juga telah menambahkan beberapa badge baru seperti Halloween Badge yang muncul bertepatan dengan event halloween, kemudian Worker Badge yang bisa didapatkan dengan memberikan feedback untuk layanan Rockto. Selain badge, Rockto juga menambah unsur permainan di layanan mereka dengan fitur Rocker Chips, di mana pengguna bisa mendapatkan koin dengan nilai poin tertentu setelah mengajak teman untuk melakukan registrasi dan melakukan post di layanan mereka.

Strategi yang menarik menurut saya, selain desain badge yang juga menarik serta penambahan elemen Rock yang membedakan Rockto dengan layanan social bookmarking atau social recommendation yang lain, penambahan unsur permainan juga bisa menjadi salah satu penarik bagi pengguna. Unsur permainan setidaknya bisa memberikan dua efek keuntungan, yang pertama adalah sebagai strategi engagement user yang telah terdaftar, di mana badge dan poin bisa menjadi unsur penarik agar pengguna mau berlama-lama diam di layanan Rockto dan beraktivitas dengan mem-post konten untuk mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan produk tertentu.

Keuntungan yang kedua adalah untuk menarik pengguna baru. Selain membuat pengguna lama tetap beraktivitas, sebagai sebuah startup yang memberikan layanan baru, Rockto juga harus terus mampu menambah pengguna baru, salah satunya dengan menyediakan beberapa badge atau cara untuk mendapatkan poin yang bisa dijalankan oleh pengguna lama dengan mengajak orang lain untuk bergabung dan beraktivitas di Rockto, ini mirip dengan sistem referral yang biasa ditemukan di layanan daily-deals.

Selain menambah badge serta gimmick hadiah, Rockto juga terus memperbaiki layanan mereka, kini mereka menambahkan fitur notifikasi. Kini para pengguna bisa mendapatkan notifikasi jika ada pengguna lain yang memberikan komentar dari post Anda, notifikasi atas komentar dari post yang Anda komentari, kemudian notifikasi jika ada pengguna lain mention Anda, serta ketika ada Rockers atau pengguna lain yang follow Anda. Notifikasi ini juga akan muncul pada timeline di halaman awal dan terdapat juga keterangan nama akun yang memberi dan diberikan komentar.

Informasi lain juga didapatkan dari komentar tim Rockto pada tulisan DailySocial sebelumnya, bahwa mereka juga kini telah merambah ke aplikasi perangkat bergerak dengan menyediakan aplikasi untuk para pengguna Blackberry (bersifat undangan), dan mereka juga sedang mengembangkan versi WAP.

Sedangkan untuk pengguna iPhone dan Android, tim Rockto beranggapan bahwa akses situs mereka dari iPhone dan Android masih cukup baik, jadi pengembangan aplikasi lebih diutamakan untuk pengguna Blackberry, di mana pengunanya banyak namun peramban yang ada diperangkat tersebut masih kurang kompatibel untuk menampilkan situs Rockto dan fasilitas yang ada secara maksimal.

Momen tertentu seperti liburan bisa mejadi salah satu sarana untuk para startup dalam memberikan unsur penarik, baik bagi pengguna baru atau pengguna lama, tidak semua startup memang bisa menjalankan strategi yang berhubungan dengan momen tertentu, untuk Rockto yang memang menambahkan unsur permainan dan fasilitas hadiah, strategi mereka cukup tepat, meskipun strategi menjelang liburan hanya dengan memberikan hadiah, tetapi produk yang dijadikan hadiah masih erat kaitannya dengan aktivitas liburan, iPod untuk bermain game dan menemani perjalanan sebagai alat pemutar lagu.

Kini tinggal melihat tanggapan pengguna mereka. Jika dilihat dari beberapa komentar, sepertinya pengguna juga cukup tertarik untuk terus membagikan konten di Rockto sambil mendapatkan badge dan poin. Jadi penasaran untuk melihat fitur dan strategi apa lagi yang akan dijalankan oleh Rockto.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again