1. Startup

Fasilitas Notifikasi di Chrome TweetDeck

Sejak peluncurannya, Chrome TweetDeck atau yang disebut oleh TweetDeck sebagai 'ChromeDeck' mendapat sambutan yang cukup tinggi, dari blog TweetDeck awal bulan Desember yang lalu juga disebutkan bahwa selama tiga hari setelah peluncurannya di Chrome Web Store, Chrome TweetDeck telah memiliki 45,851 pengguna serta telah di instal sebanyak 62,477 kali.

Chrome TweetDeck atau 'ChromeDeck' sendiri merupakan aplikasi TweetDeck yang bisa diakses di web dengan menggunakan Google Chrome, aplikasi ini bisa ditemukan di Google Chrome Web Store, toko aplikasi web dari Google. Beberapa fasilitas dasar dari TweetDeck tersedia di aplikasi ini. Kini mereka menambahkan fasilitas baru serta memperbaiki beberapa layanan yang tersedia di Chrome TweetDeck.

Fasilitas baru yang tersedia adalah notifikasi. Kini pengguna 'ChromeDeck' bisa menambahkan fasilitas notifikasi sebagai pemberitahuan jika ada aktivitas atau update timeline aplikasi Chrome TweetDeck. Notifikasi ini akan muncul layaknya 'balon' notifikasi yang ada di TweetDeck versi desktop.

Notifikasi yang ada di Chrome TweetDeck bisa diatur untuk setiap kolom, jadi pengguna bisa menentukan kolom mana saja yang akan memunculkan 'balon' notifikasi, misalnya hanya untuk DM saja atau kolom yang memuat Tweet mention saja. Notifikasi ini juga bisa ditambahkan bunyi khas notifikasi TweetDeck.

Sebelum menambahkan fasilitas notifikasi ini, pengguna harus meng-upgrade Chrome TweetDeck terlebih dahulu dengan melakukan update ekstensi Chrome di pilihan menu setting - tools - extensions, setelah itu, untuk mengaktifkan notifikasi ini, Anda cukup klik pilihan pengaturan yang berada di pojok kanan atas kolom, lalu pilih apakah hanya akan menyertakan popup notifikasi atau akan ditambahkan juga notifikasi suara, restart 'ChromeDeck' dan gunakan seperti biasa.

Meski beberapa fasilitas seperti reply/retweet langsung dari 'balon' notifikasi tersedia juga, namun pengguna tidak bisa memidahkan lokasi kotak notifikasi ini, letaknya ada disebelah kanan atas. Selain penambahan fasilitas notifikasi, Chrome TweetDeck juga memperbaiki beberapa layanan mereka beberapa diantaranya, perbaikan untuk fungsi menghapus Tweet pribadi dari akun yang berbeda kini memungkinkan dilakukan di kolom mana pun, kemudian pembaruan API dari Foursquare v2, perbaikan tampilan Twitter List pada side panel.

Proses penambahan fasilitas dan penyempurnaan Chrome TweetDeck juga masih terus berlangsung, dan mereka sepertinya baru akan mengumumkan penyempurnaan layanan ketika sudah sampai pada v1.0, saat ini baru sampai v0.9.5.10, notifikasi juga tidak muncul secara berurut, seperti TweetDeck versi desktop, jika Tweet berurutan atau bersamaan muncul di timeline, Tweet terakhir saja yang akan muncul di notifikasi.

Daftar update untuk Chrome TweetDeck bisa dilihat di tautan ini, dan untuk melakukan update Chrome TweetDeck Anda bisa melihat caranya di tautan ini.

Via: TheNextWeb.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again