Categories

Gadget

First Media Gabungkan Layanan Internet dan TV Berbayar Dalam Set-Top Box Smart Box HD

Yoga Wisesa - 7 October 2014

Kemunculan smart TV bertenaga Android pernah diperkirakan mampu menggulingkan perangkat home console sebagai pusat hiburan di ruang keluarga Anda. Tapi hingga sekarang console masih berjaya mengingat harga smart TV yang tak murah. Itulah alasannya mengapa Amazon Fire TV laku keras di Amerika. Seandainya saja layanan serupa hadir di Indonesia...

First Media melihat peluang tersimpan di sana: sebuah permintaan besar akan layanan TV berbayar, dipadu koneksi internet dan fitur interaksi langsung ke sesama pengguna perangkat pintar. Tanggal 2 Oktober minggu lalu, First Media mengenalkan Smart Box HD, sebuah set-top box Android untuk melengkapi TV Anda dengan dukungan modem DOCSIS 2.0 di dalamnya.

Dari penjelasan First Media, Smart Box HD ialah set-top box Android pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi resmi dari Google. Seperti device sejenisnya, Anda disajikan fitur video on-demand,catch up TV, dan sudah tentu, internet. Ia berjalan di platform Android 4.2 Jelly Bean dan diklaim menawarkan: "Akses penuh ke ribuan aplikasi Android, antara lain YouTube, Gmail, Facebook dan Twitter."

 

Info menarik: Amazon Fire TV Adalah Kotak Hiburan ‘Serba Guna’

 

First Media Smart Box HD turut dilengkapi dua buah tunner, dimaksudkan agar ia bisa merekam acara di satu 'kanal' sembari Anda menonton serial melalui kanal lain. Ia juga mampu merekam acara serial. Namun dari press release-nya, belum ada penjelasan lebih rinci apakah game mobile juga termasuk dari 'ribuan aplikasi Android' yang bisa dijalankan di Smart Box HD.

"Smart Box HD merupakan set-top box generasi baru dari First Media, dirancang khusus untuk menggabungkan layanan internet dengan TV berbayar berkualitas tinggi," tutur Desmond Poon, chief technology officer Linknet First Media. "Dengan kemajuan teknologi saat ini, penggabungan TV dan internet jadi memungkinkan, sehingga dapat ditawarkan kepada konsumen sebagai solusi terintegrasi guna menghadirkan kenyamanan menyeluruh pada pelanggan."

Menurut First Media, TV masih menjadi media hiburan dan informasi utama di Indonesia. Ternyata waktu rata-rata yang dihabiskan masyarakat menonton TV dalam sehari sangat lama, mencapai empat jam. Menariknya, waktu berselancar internet juga mengalami peningkatan. Dan kini Indonesia adalah negara kedua tertinggi 'penjelajah' Internet di kawasan Asia Tenggara.

Set-top box perdana dari First Media tersebut dibundel bersama remote control berfitur voice command dan papan ketik QWERTY. Belum ada informasi mengenai harga unit dan paketnya. Smart Box HD rencananya tersedia secara komersil pada tanggal 10 Oktober besok - dan 250 pelanggan terpilih boleh mencobanya gratis selama tiga bulan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter