Fitbit Umumkan Versa 2, Layanan Premium, dan Timbangan Pintar

Fitbit Umumkan Versa 2, Layanan Premium, dan Timbangan Pintar

Smartwatch Fitbit Versa 2 dijual seharga Rp3.799.000
Fitbit-Versa-2-2
Fitbit-Versa-2-2

Pada awal bulan September lalu, Fitbit telah mengungkap Versa 2 dengan layar AMOLED yang bisa always-on. Tak butuh waktu lama, kemarin Fitbit mendatangkan smartwatch lifestyle terbaru tersebut ke Indonesia.

Fitbit Versa 2 ini dibanderol Rp3.799.000 dan tersedia dalam pilihan warna black berbalut carbon case, petal berbalut copper rose aluminum case, dan stone berbalut mist grey case. Bila masih kurang, strap-nya bisa diganti-ganti dan harga aksesorinya berkisar antara Rp529.000 hingga 819.000.

Ada juga Versa 2 Special Edition yang dijual dengan harga Rp4.299.000 dan tersedia dalam pilihan warna navy dan pink dalam balutan copper rose aluminum case, serta smoke berbalut mist grey case.

Fitbit Versa vs Versa 2

Dari pantauan saya Fitbit Versa generasi pertama masih dapat dijumpai dengan harga Rp2,8 juta. Lalu, apa saja peningkatan yang dibawa oleh Versa 2 ini?

Saya mulai dari desainnya dulu, sebagai keluarga Versa – smartwatch ini tampil stylish dengan desain minimalist-nya. Bila pendahulunya memiliki tiga tombol, kini Versa 2 hanya memiliki satu saja di sisi kiri.

Layarnya sedikit lebih besar dan kini menggunakan panel AMOLED. Alhasil, ketahanan baterainya bertambah yang sebelumnya hingga 4 hari menjadi hingga 5 hari.

Fitbit juga membenamkan mode always-on display sehingga kita dapat memantau waktu atau progress tanpa perlu menekan tombol. Bila fitur ini diaktifkan Versa 2 dapat bertahan setidaknya 2 hari.

Versa 2 juga sudah dilengkapi mikrofon yang terintregasi dengan Amazon Alexa. Sayangnya digital assistant tersebut belum tersedia di Indonesia, jadi kita belum bisa menggunakannya. Sementara ini, bagi pengguna smartphone Android – kita bisa memanfaatkan mikrofon tersebut untuk fitur voice replies to text.

Selain itu, Versa 2 diperkaya dengan fitur pengelolaan tidur seperti Sleep Score, Sleep Stages, Sleep Mode, dan Smart Wake untuk membantu pengguna dalam memahami pola tidur, sekaligus meningkatkan kualitas tidur. Sebab, tidur yang berkualitas merupakan salah satu pilar utama hidup sehat.

Smart Wake stasusnya masih coming soon, fitur ini menggunakan teknologi machine learning untuk membangunkan pengguna di waktu-waktu yang paling optimal yang sesuai dengan siklus tidur mereka yakni saat berada dalam tahapan tidur ringan atau REM sehingga ketika bangun tubuh akan terasa segar.

Adapun fitur-fitur Versa lainnya ialah 24/7 Heart Rate Tracking, Estimated Oxygen Variation Graph, Water Resistant to 50M, Spotify, Fitbit Pay, Notification, dan banyak lagi.

Fitbit Premium dan Aria Air

Fitbit-Versa-2

Apa kelebihan Fitbit dibanding dengan para kompetitornya? Yang ditawarkan oleh Fitbit tak sekedar device saja, tapi juga software, service, dan community.

Dalam kesempatan yang sama, Fitbit juga mengumumkan layanan terbaru Fitbit Premium. Layanan berlangganan dan berbayar di dalam aplikasi Fitbit yang bisa dipersonalisasikan dengan memanfaatkan data unik dari masing-masing pengguna Fitbit.

Ketersediaan layanan premium ini akan diumumkan nanti, rencananya biaya langganan Fitbit Premium per bulan di Indonesia akan dipatok Rp139.000 atau 1.139.000 per tahun.

Fitbit premium menyertakan sembilan program kesehatan dan kebugaran berserta panduannya. Meliputi Intro to Healthy Habits, Get More Zzz’s, Habits for Restful Sleep, Get Active, Beginner Running, Run Training, Understand Calories, Kick Your Sugar Habit, dan Kick Your Salt Habit.

Terdapat pula program kesehatan kesehatan dan kebugaran yang meliput latihan-latihan terapan, tips dan trik harian, rencana olah raga yang terpola, peranti relaksasi, resep masakan, dsn konten edukatif lainnya.

Satu perangkat lagi yang diumumkan oleh Fitbit ialah timbangan cerdas Aria Air yang dilengkapi konektivitas Bluetooth. Rencananya akan tersedia dalam warna hitam dan putih, harganya Rp859.000 dan tersedia mulai kuartal IV 2019.

Perangkat ini dapat merekam berat badan pengguna dan mensinkronkannya dengan aplikasi Fitbit untuk keperluan perhitungan Indeks Masa Tubuh (BMI). Sehingga pengguna dapat memantau setiap adanya perubahan pada pola aktivitas, irama detak jantung, kualitas tidur, dan pola asupan nutrisi dari aplikasi Fitbit.

 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…