1. Startup

Fitur Baru dan Fitur Yang Akan Hadir dari Lapar.com (Updated)

Lapar.com, layanan daily deals khusus untuk makanan ini telah menambahkan beberapa fitur baru dan mempersiapkan untuk merilis fitur tambahan lain.

Lapar.com menyediakan kupon diskon dari merchant tertentu yang berkisar antara 70-90%, saat ini mereka menyediakan daily deals dari dua kota yaitu Jakarta dan Bandung. Sistem beli kupon menggunakan topup, dimana pengguna bisa melakukan pengisian nilai topup untuk transaksi sebesar Rp. 10.000, Rp 20.000 dan Rp 50.000. Seperti layanan daily deals lainnya, pengguna bisa membeli kupon yang ditampilkan di Lapar.com, setelah jumlah tertentu tercapai maka kupon tersebut akan dikirimkan lewat email dan SMS.

Selain memiliki kantor serta berpindah ke server colocation yang baru, untuk awal tahun ini Lapar.com juga telah menambahkan beberapa fitur baru antara lain, kini pengguna bisa melakukan segala transaksi via mobile web, yang pada peluncuran situs awal Desember lalu belum tersedia, jadi pengguna bisa langsung membeli kupon dari perangkat bergerak, kemudian Lapar.com telah menambahkan fitur keamanan ketika pengguna melakukan login.

Lapar.com juga akan mulai melakukan penawaran untuk diskon 90% yang akan dimulai minggu ini. Seperti yang dijelaskan di atas, proses pembelian kupon di Lapar.com menggunakan sistem topup, meski ini menjadi tambahan proses bagi pengguna, yang tidak bisa langsung melakukan pembelian dan harus terus mengisi saldo topup mereka, namun dengan sistem ini Lapar.com bisa menerapkan harga kupon setelah diskon yang cukup rendah, dan berani menawarkan diskon sampai 90% dengan harga yang kemungkinan akan sampai Rp 1.000 - Rp 3.000 untuk penawaran kupon tertentu, cukup menggiurkan terutama bagi pemburu makanan murah dan enak.

Situs dengan nama yang sangat pas (lapar = makan - diskon) ini juga mempersiapkan beberapa fitur dan layanan yang masih dalam taraf pengembangan, termasuk fasilitas untuk melakukan topup dengan kartu kredit menggunakan fasilitas dari Doku (NSIAPay). Seperti yang dijelaskan oleh Firman dari Lapar.com, fasilitas lain yang akan diluncurkan adalah integrasi dengan KlikBCA untuk sistem pembayaran, sehingga sistem topup mereka akan real time.

Untuk perangkat bergerak, mereka juga sedang menyiapkan aplikasi untuk pengguna BlackBerry serta Android, dan terakhir Lapar.com juga akan menyediakan fasilitas tambahan bagi pengguna mereka, bukan hanya menyediakan potongan yang cukup besar tetapi juga akan ada sistem reward untuk pengguna, sistem rangking ini nantinya akan dilombakan setiap bulan.

Saya terus terang penasaran untuk mengetahui tentang berapa kupon rata-rata yang terjual untuk penawaran tertentu, Firman menjelaskan bahwa sejak DailySocial memuat artikel tentang Lapar.com, mereka bisa menjual 100 kupon sehari, pada awal tahun bahkan ada kupon untuk merchant tertentu yang terjual sampai 300 kupon, sold out dalam satu jam pada jam satu siang di hari yang sama. Transaksi, respon merchant serta konsumen juga dikatakan cukup baik. Modal awal yang harus terus dipertahankan Lapar.com.

Layanan daily deals memang bukan tanpa persaingan, bukan hanya dari clone yang makin banyak bermunculan, tetapi Groupon juga kabarnya telah bersiap untuk masuk ke pasar Indonesia, beberapa waktu lalu Disdus juga mendapatkan investasi dari East Ventures dan dipastikan akan semakin mengembangkan layanan mereka tahun ini.

Tahun yang cukup sibuk bagi layanan daily deals, termasuk dari Lapar.com, seperti yang disebutkan pada artikel tentang Lapar.com di DailySocial sebelumnya, niche market yang dipilih oleh Lapar.com bisa menjadi salah satu kekuatan karena mereka bisa fokus dan melebarkan sayap kerja sama dengan layanan lain yang berhubungan dengan makanan, yang mungkin akan terlihat juga di tahun 2011 ini. Sedikit bocoran, bahwa Lapar.com akan tengah mempersiapkan satu penawaran yang cukup unik, mari kita lihat penawaran apa dan kapan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again