1. Startup

Fitur Baru Evolitera: New Post

Sejak kemunculannya aplikasi ini dan pertama kali DailySocial menulis tentang Evolitera, saya sendiri selalu tertarik mengikuti perkembangan aplikasi ini, bukan hanya karena saya pernah berkecimpung dalam dunia literasi, tetapi saya tertarik bagaimana strategi Evolitera untuk menghadapi pasar literasi di Indonesia, yang menurut saya cukup sulit untuk ditaklukkan.

Ada dua fitur baru sebenarnya yang kini diluncurkan oleh Evolitera, sebuah startup lokal yang bergerak di bidang buku digital, dilengkapi dengan 2 model bisnis, donasi serta iklan yang memungkinkan user atau penulis bisa mendapatkan penghasilan. Kedua fitur baru ini salah satunya sudah beberapa bulan yang lalu bisa dinikmati oleh user dan yang satu lagi baru-baru ini diluncurkan.

Fitur yang pertama yaitu FlipBook, yang memungkinkan anda membaca preview dari eBook yang ada di Evolitera. Jadi sebelum anda memutuskan untuk melakukan download atas eBook yang menarik bagi anda, anda bisa membaca preview atau melihat keseluruhan isi eBook, beberapa eBook memungkinkan bagi user untuk melihat keseluruhan isi. Tampilan FlipBook Evolitera, seperti juga fitur FlipBook lain memungkinkan user untuk merasakan pengalaman seperti membuka buku fisik namun versi online.

Fitur yang satu lagi yaitu New Post, fitur ini bisa digunakan bagi anda yang sudah mempunyai akun di Evolitera. Caranya, setelah login, klik My Profile, jika anda belum diarahkan pada halaman My Profile, dan anda akan melihat semacan time line dengan kategori New Post, di bagian tengah bawah, yang berisi komentar terbaru yang dilakukan oleh user di Evolitera atas profile eBook yang ada di Evolitera.

Sayangnya tidak ada penjelasan mendetail tentang fitur ini di situsnya, apakah New Post yang termasuk di sini hanya berupa komentar dari user atau termasuk juga keterangan jika ada eBook baru yang di upload. Untuk eBook yang baru di upload memang bisa kita lihat di halaman home, tapi saya pikir ada baiknya juga New Post ini dibuat juga kategori untuk memonitor perkembangan upload eBook terbaru.

Fitur New Post sayangnya juga tidak dilengkapi atau diberikan cara pengaturan tertentu, misalnya berapa jumlah New Post yang muncul dalam satu halaman, saya mencoba menghitung ada sekitar 25 New Post, yang bagi saya terlalu panjang.

Sebagai penyedia jasa eBook publishing yang berbasis social network, tentu saja fitur New Post memang berguna untuk memberi informasi tentang apa saja yang terjadi di lingkaran social yang ada di Evolitera, lewat berbagai komentar atas eBook yang ada bisa membuat keterikatan dan partisipasi antar user bertambah.

Untuk mendukung popularitas serta partisipasi para user, Evolitera juga baru-baru ini menyelenggarakan sebuah event semacam perlombaan berhadiah bernama Evolitera Award, salah satu hadiahnya MacBook Pro, yang membutuhkan partisipasi user lain untuk memberikan rating agar menjadi Most Beloved eBook. Sebuah strategi standar tapi relevan untuk membangun ekosistem yang lebih solid dikalangan user serta bisa menarik user baru.

Kalau anda belum tau apa itu Evolitera anda bisa membaca review DailySocial di sini, atau mengunjungi situsnya di sini, dan mulai mencoba beberapa aplikasi mereka yang baru ini, setelah itu, jangan lupa untuk share pengalaman anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again