1. Startup

Fitur Baru Rockto.com: Badge dan Rockto Store

Rockto.com menambah fitur serta beberapa layanan baru yang kini telah bisa ditemukan pada situs mereka, beberapa fasilitas terbaru itu antara lain penambahan fasilitas badge serta Rockto Store yang menyediakan hadiah bagi mereka yang telah mencapai poin tertentu.

Rockto.com merupakan social bookmarking dengan identitas unik yaitu 'rock', tampilan situsnya juga cukup menarik dengan berbagai elemen desain serta ikon rock (jari metal) untuk menandakan bahwa sebuah konten yang dibagikan di Rockto itu menarik dan disukai oleh pengguna lain.

Rockto menyediakan fasilitas bagi pengguna yang ingin menyimpan suatu berita sambil menyebarkan kembali konten tersebut ke jejaring mereka, pengguna bisa mengatur untuk menyebarkan konten secara otomatis dengan menambah koneksi ke Twitter dan Facebook. Selain tautan yang ditambahkan secara manual, Rockto juga menyediakan blog catcher, dimana pengguna bisa menambahkan blog yang memiliki dukungan atas fasilitas RSS untuk membagian konten dari blog ini ke Rockto. Selain itu Rockto juga menyediakan fasilitas pertemanan dengan fitur follow.

Selain tampilan latar belakang situs yang berubah, kini ada dua tambahan fasilitas yang disediakan oleh Rockto, yang pertama adalah Badge. Selain tampilan yang unik, seperti yang pernah dituliskan DailySocial, Rockto juga ingin menonjolkan aura seru, dan salah satu keseruan tambahan adalah penambahan badge bagi para pengguna yang telah berinteraksi atau melakukan beberapa kegiatan mereka di situs Rockto.

Saat ini ada 3 badge yang tersedia, Batik Badge yang bisa didapatkan pengguna dengan melakukan post bertema batik pada hari batik, kemudian Groupies Badge, yang bisa didapatkan pengguna dengan mem-follow pengguna lain sebanyak 20 orang. Dua badge lain yatu RockStar Badge, yang bisa didapatkan oleh pengguna yang telah memiliki pengikut sebanyak 10 orang, dan terakhir Newbie Badge yang akan dimiliki ketika pengguna melakukan post pertama mereka.

Selain fitur badge, Rockto juga telah resmi meluncurkan toko mereka. Meski belum jelas apakah toko ini akan menjual berbagai merchandise dari Rockto atau menjual barang lain, sampai saat ini Rockto Store menyediakan kaos dengan 6 desain yang berbeda sebagai hadiah bagi para pengguna yang telah mendapatkan poin serta badge tertentu pada akun mereka. Pengguna yang telah mencapai poin 500 dan mempunyai Newbie Badge bisa melakukan redeem atas 6 desain kaos yang ada.

Penambahan beberapa layanan ini bisa menguatkan gambaran atas layanan Rockto sebagai social bookmarking tetapi dengan nuansa seru, penambahan badge, meski terkesan sebagai fitur 'standar' namun dengan penambahan ini bisa membuat para pengguna mendapatkan sebuah aura permainan yang membuatnya semakin lama menggunakan layanan Rockto, serta memberi pembeda dengan layanan sejenis.

Hanya saja, jenis serta penambahan badge juga harus diperhitungkan. Jenis badge bisa disesuaikan dengan event tertentu, seperti Batik Badge, sedangkan untuk penambahan badge juga harus rutin dilakukan, karena jika tingkat kesulitan untuk mendapatkan badge terlalu mudah untuk dilampaui, maka tantangan 'permainan' semakin lama bisa semakin tidak menarik. Tetapi kalau melihat letak tampilan kotak dari akun pengguna dimana ikon badge ini berada, Rockto sepertinya telah mempersiapkan beberapa badge tambahan, kini tinggal melihat tema apa yang akan mereka usung untuk badge baru mereka.

Sedangkan untuk Rockto Store, sepertinya ini peluang yang bisa dimanfaatkan Rockto untuk melakukan kerja sama dengan pihak lain, misalnya Gantibaju untuk menyediakan hadiah bagi pengguna, atau mungkin saja voucher diskon, mengingat startup untuk layanan seperti ini sedang tumbuh pesat di Indonesia.

Apakah Anda pengguna Rockto.com? Bagaimana pendapat Anda atas penambahan fitur ini, apakah akan membuat layanan Rockto menjadi lebih menarik bagi pengguna mereka dan menjadi salah satu kelebihan dari Rockto? Pendapat Anda bisa dituliskan pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again