1. Startup

Fitur Facebook Connect di Ayofoto!

Update dari salah satu layanan berbasis fotografi, AyoFoto! Kini user Ayofoto! akan diberikan pilihan untuk memperluas jaringan mereka dengan menggunakan fitur Facebook Connect.

Dari pengumuman resmi mereka kini user bisa menggunakan fitur Facebook Connect ini untuk memudahkan user untuk memperluas jaringan pertemanan mereka, karena para user ini bisa langsung menyebarkan segala kegiatan yang mereka lakukan di Ayofoto! seperti update status, menulis komentar, menulis blog ke Facebook, karena semuabnya juga bisa muncul di Facebook Wall user.

Untuk menemukan tombol ini memang tidak muncul pada halaman awal Ayofoto!, tetapi muncul di halaman pendaftaran setelah melakukan klik pada tab login, nanti akan muncul pilihan untuk menkoneksikan akun user di Ayofoto! dengan akun Facebook, klik button Facebook Connect maka seperti biasanya akan ada pop-up notifikasi untuk memberikan izin otorisasi, anda bisa melihat beberapa fitur yang akan langsung terkoneksi, klik allow untuk menyetujui.

Setelah itu ada pilihan untuk login, ada dua pilihan yang diberikan Ayofoto!, apakah user sudah terdaftar di situs Ayofoto! atau belum, klik pilihan sudah terdaftar untuk melanjutkan atau jika belum mempunyai akun di Ayofoto! user diharuskan mendaftar dahulu, tapi dengan proses yang lebih mudah, hanya cukup mengisi user name dan lakukan pendaftaran.

Fitur Facebook Connect dari Ayofoto! ini diluncurkan untuk memudahkan user yang sudah mempunyai akun di Facebook dan juga pengguna Ayofoto! untuk mengintegrasikan  antara dua social network ini dalam satu proses kerja, antara lain memungkinkan user menggunakan avatar yang sama dengan antara akun Ayofoto! dengan Facebook dan menambahkan teman yang ada di Facebook dalam jaringan Ayofoto!

Karena merupakan fitur yang bisa di opt-out yang memungkinkan user untuk melakukan pemutusan koneksi atas akun Facebook, maka Ayofoto! juga menyediakan halaman edit, yang memungkinkan user untuk memilih fitur mana saja yang ingin di share ke Facebook. Pilihan edit ini yang bisa ditemukan dengan melakukan klik pada logo Facebook di bagian kanan atas.

Sekilas fitur ini mungkin terkesan agak terlambat, karena trend Facebook Connect memang sudah jauh-jauh hari diterapkan oleh berbagai situs, terutama yang bermain di area social network, namun bisa jadi Ayofoto! cukup berhati-hati untuk menambahkan fitur ini yang bisa mengekspos konten secara crossplatform, dan seperti yang dituliskan di blog mereka,  fitur ini memang diluncurkan untuk menjawab kebutuhan user yang memang mempunyai dua akun social network di Ayofoto! dan di Facebook yang berarti mereka telah mempelajari terlebih dahulu tentang behaviour user mereka.

Tidak dijelaskan memang, di pengumuman situs mereka, bagaimana tentang masalah copyright, karena kita tau salah satu problem yang selalu menjadi perhatian dari Facebook adalah masalah privacy, misalnya untuk foto yang memang dikomersilkan apakah nanti tidak akan menimbulkan masalah copyright atau tidak jika itu diekspose di Facebook, karena meskipun telah diberikan waterwark pada foto, namun Facebook yang mempunyai user sangat luas dan bermacam-macam tipe itu juga menimbulkan concern tersendiri, tapi user diberikan wewenang penuh untuk menentukan konten mana yang ingin mereka bagi, jadi user bisa membaca secara detail dan tentukan konten mana saja yang mau mereka share ke Facebook.

Sebagai salah satu penyedia jasa layanan web berbasis fofografi yang cukup senior, didirikan sejak 2005 dan telah mempunyai anggota sebanyak 35 ribu anggota, dan sepertinya memang Ayofoto! juga sudah tidak termasuk lagi sebagai sebuah startup, karena telah mempunyai pendapatan sekitar 2,5 miliyar pada tahun 2009 (sumber Swa.co.id), namun perkembangan ini bisa jadi menarik, bukan hanya untuk melihat berbagai fitur tambahan yang muncul di Ayofoto!, tetapi juga tentang bagaimana strategi mereka dalam menjawab kebutuhan user internet lokal yang doyan fotografi dan doyan social network, serta tentu saja sebagai bahan acuan untuk saling belajar dalam proses bisnis di dunia internet.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again