Categories

Gadget

Fitur-Fitur Pendukung Kreativitas Dihadirkan Lewat Windows 10 Anniversary Update

Di tanah air, update besar Windows 10 itu difokuskan untuk meningkatkan produktivitas jutaan pelaku industri kreatif.

Yoga Wisesa - 22 August 2016

Habisnya masa update gratis ke Windows 10 menandai ulang tahun pertama perjalanan sistem operasi anyar berkonsep 'layanan' tersebut. Buat merayakannya, Microsoft mulai menggulirkan Anniversary Update terhitung sejak tanggal 2 Agustus, dan pembaruan itu akhirnya tiba di Indonesia, diumumkan dalam acara konferensi pers pada penghujung minggu lalu.

Dalam Anniversary Update, Microsoft membundel banyak sekali fitur baru buat Windows 10: ditujukan buat keamanan dan penanggulangan serangan digital, peningkatan efisiensi Microsoft Edge, hingga memperkenalkan program Xbox Play Anywhere demi mempererat koneksi antar platform gaming mereka. Di tanah air sendiri, update tersebut difokuskan untuk meningkatkan produktivitas jutaan pelaku industri kreatif.

Arahan ini merupakan respons Microsoft terhadap meningkatnya laju ekonomi kreatif di Indonesia, mencapai 5,76 persen di 2014, lebih tinggi dari angka pertumbuhan sebelumnya di 5,74 persen. Menurut Microsoft, dengan makin tingginya generasi muda yang mengambil peran di sana, peluang kita untuk mempercepat kenaikannya juga jadi lebih besar. Di acara ini, sang raksasa teknologi asal Redmond itu mengundang tiga tokoh kreatif ternama, Faza Ibnu Ubaidillah, pencipta komik Si Juki; desainer sekaligus founder Cloth Inc, Julian Tanoto; serta musisi jazz Alvin Ghazalie.

Salah satu kapabilitas baru yang Microsoft tonjolkan ialah Windows Ink Workshop. Dengannya, Anda bisa membuat catatan ala sticky note, mengambil screenshot dan mencorat-coret dokumen, hingga menciptakan sketsa dibantu beragam tool. Khususnya Sticky Notes, ia bukan sekedar catatan biasa: OS mampu memahami tulisan dan jadi pengingat Anda, misalnya buat melangsungkan video meeting atau menelpon rekan kerja di waktu tertentu.

Tak hanya itu, Sticky Notes bisa mempermudah Anda dalam berselancar di internet. Contohnya jika ingin mencari tahu mengenai suatu hal, kita tinggal menuliskan keyword di sana. Sticky Notes terintegrasi ke Microsoft Edge dan ditopang search engine Bing, memberikan pengguna segala informasi yang mereka inginkan.

Bagi Faza dan Julian, Sketchpad adalah fitur yang sering mereka gunakan. Software ini memungkinkan pengguna menulis serta menggambar di layar memakai stylus ataupun mouse. Di sana terdapat fungsi-fungsi semisal undo, redo, cut sampai ruler - membantu kita membuat garis lurus. Setelah selesai, karya dan ide-ide tersebut bisa segera dikirim, atau di-share ke rekan-rekan kerja, di mana mereka turut bisa memodifikasi atau menambahkan anotasi.

"Saat membuat komik, proses kreatif yang saya lalui terbilang panjang, mulai dari mencari ide hingga menuangkannya ke atas kertas," tutur Faza 'Meonk' Ibnu Ubaidillah di press release. "Dengan Sketchpad, saya dapat mengurangi sedikitnya satu tahapan: menggambar di kertas. Selain itu, saya juga tidak perlu takut kehilangan gambar karena [file] bisa disimpan di OneDrive - sehingga saya bisa membukanya di mana saja dan kapan saja."

Julian Tanoto sendiri mengaku, ia sangat terbantu dengan adanya Screen Sketch. Dengannya, user dapat menulis serta mencorat-coret situs yang sedang dikunjungi. Sang desainer juga menyampaikan, "Sekarang saya bisa menggambar sketsa pakaian di atas pesawat atau kereta api saat melakukan perjalanan dinas. Rasanya sama seperti menggambar di kertas, sehingga saya menjadi lebih bebas berkreasi. Saya pun bisa langsung mengirimkan gambar ke rekan kerja lebih cepat."

Untuk para musisi, Anniversary Update menghadirkan app notasi musik StaffPad. Software didesain buat membaca not balok yang Anda tuliskan di layar, lalu mengubahnya jadi lagu. Kita dipersilakan mengeditnya lebih lanjut, memutar musik, mencetak serta men-sharing-nya. Aplikasi didukung fitur-fitur penyunting lengkap serta playback orkestra detail, sempurna bagi profesional tetapi juga mudah dipelajari para pemula.

"Terima kasih Windows karena update kali ini memberikan saya keleluasaan untuk menggunakan StaffPad dengan lebih baik," kata Alvin. "Kini saya bisa menulis dan memutar notasi di mana saja, membuat proses menciptakan lagu mengalir lebih lancar."

Memang ada banyak kemampuan lain dibawa oleh Anniversary Update, namun beberapa di antaranya belum bisa dimanfaatkan pengguna di Indonesia: Cortana belum diimplementasikan secara penuh karena kendala bahasa dan aksen. Consumer channel group director Linda Dwiyanti bilang, Microsoft ingin asisten pribadi digital mereka tersebut mendukung penuh bahasa Indonesia. Lalu Xbox Play Anywhere tampaknya juga belum berjalan, masih harus menunggu update berikutnya.

Windows Anniversary Update disajikan bertahap, jadi Anda tidak perlu cemas jika belum ada notifikasi pembaruan di PC (via Windows Update). Alternatifnya, Anda bisa meng-update secara manual lewat laman Microsoft Support.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter