17 December 2014

by Oki Rosgani

Fitur Foto Baru di Facebook Ini Sementara Hanya Tersedia Untuk Pengguna iOS

Tidak hanya Instagram yang baru saja memperkenalkan fitur dan filter barunya, jejaring sosial terpopuler Facebook juga kini memiliki tambahan fitur baru terkait editing foto pada aplikasi Facebook untuk iOS.

Facebook baru saja menyediakan update untuk aplikasi iOS mereka dan menambahkan fitur auto-enhance. Fitur ini akan memudahkan mereka yang ingin membagikan foto ke timeline. Ketika pengguna akan mengunggah foto, aplikasi iOS Facebook akan secara otomatis melakukan penyesuaian atas foto tersebut.

Jika sudah merasa pas Anda bisa langsung mengunggah, jika tidak Anda masih bisa melakukan pengaturan dengan menggeser slider untuk mengatur kecerahan dari foto yang akan diunggah. Selain itu, fitur lain seperti cropping atau memotong bagian foto yang tidak diinginkan juga bisa diakses dengan mudah saat akan mengunggah foto.

Sayangnya, fitur ini baru hanya tersedia pada aplikasi Facebook Mobile untuk iOS, sementara fitur serupa untuk platform Android baru akan menyusul kemudian, meski saat tulisan ini kami buat, belum ada kabar kapan tepatnya fitur serupa akan hadir pada aplikasi Facebook untuk Android.

Kehadiran fitur ini tentu akan memudahkan pengguna yang ingin mengunggah foto ke Facebook sementara foto yang diambil bertepatan dengan kondisi pencahayaan yang kurang baik karena secara otomatis Facebook akan meningkatkan hasil foto.

 

Info menarik: 5 Aplikasi Pilihan iOS Untuk Melacak Pengeluaran

 

Perseteruan di ranah media sosial terkait penambahan fitur editing foto memang tak pernah sepi. Setahun lalu, Google+ telah menambahkan fitur auto-enhance pada aplikasinya mobile-nya, sementara Twitter juga telah menghadirkan layanan filter editing foto untuk setiap foto yang akan diunggah ke linimasa penggunanya, sedangkan SnapChat juga baru-baru ini telah menambahkan fitur yang disebut sebagai dual-filter dimana fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah warna dan ukuran dari foto yang diunggah selama percakapan menggunakan SnapChat berlangsung.

Walaupun keberadaan fitur editing foto pada perangkat mobile semakin beragam, namun biasanya fitur yang disediakan tidak akan sebanyak aplikasi khusus kamera atau editing foto. Tapi setidaknya kini pengguna smartphone menjadi semakin lebih dimanjakan.

Sumber: Engadget dan TechCrunch. Gambar header: Facebook via Shutterstock.