Apple mempunyai tugas berat yang menanti di depan mata. Jutaan orang menanti dengan ekspektasi yang tinggi terkait peningkatan yang bakal ada di iPhone tahun ini, sekaligus mengantisipasi hari jadi iPhone yang ke sepuluh. Momen itu diharapkan bisa menjadi sebuah alasan bagi Apple untuk tampil habis-habisan. Bila berkaca pada rumor yang sudah santer berkembang, setidaknya akan ada tiga model iPhone baru yang akan meluncur dari dapur Apple tahun ini, yaitu iPhone 7s, iPhone 7s Plus dan yang paling ditunggu, iPhone 8. Kini, menurut bocoran terbaru disebutkan bahwa iPhone teranyar akan mempunyai kemampuan untuk basah-basahan, alias anti air dan juga dukungan pengisian daya nirkabel.

Informasi ini keluar dari salah satu pemasok Apple, Wistron via Nikkei Asian yang mengonfirmasi bahwa iPhone keluaran 2017 bakal membawa kemampuan anti air dan juga pengisian daya nirkabel. Bicara performa, iPhone bisa dibilang tak kurang satu apapun, begitu juga soal desain dan kamera. Tapi, benar bahwa tak satupun generasi iPhone yang mempunyai dua fitur ini. Pengisian baterai nirkabel bahkan sudah sejak tahun lalu menjadi magnet di industri mobile menyusul hadirnya beberapa smartphonee Android yang menawarkan kemampuan itu. Sedangkan fitur anti air sudah sejak lama bisa ditemukan di Sony Xperia dan kini Samsung pun ikut-ikutan menyematkan kemampuan serupa di flagship-nya.

Menurut CEO Wistron, Rober Hwang – Proses perakitan untuk generasi iPhone terdahulu tidak berubah banyak. Akan tetapi fitur baru seperti anti air dan pengisian nirkabel sekarang membutuhkan pengujian yang berbeda, dan fungsi anti air akan mengubah sedikit mengubah prose perakitan.

Konsep iPhone 8 ala iDrop News
Konsep iPhone 8 ala iDrop News

Namun dalam pernyataannya, Wistron tak menyebutkan iPhone model mana yang bakal mengusung kedua fitur baru tersebut. Skenario paling baik tentu iPhone 8 lah yang seharusnya menerima peningkatan paling signifikan mengingat ia adalah generasi penerus.

Pertanyaan penting lainnya, metode apa yang akan dipilih oleh Apple untuk mengisi daya secara nirkabel. Apakah menggunakan charging pad seperti yang selama ini diterapkan oleh pengisian nirkabel standar Qi atau lebih maju dengan tanpa pad tambahan, melainkan dengan metode yang sepenuhnya tanpa kabel namun dengan jangkauan tertentu.

Selain dua fitur di atas, iPhone terbaru juga dikait-kaitkan dengan penggunaan layar OLED, desain yang lebih banyak memangkas bezel, Smart Connector untuk aksesoris headset VR dan juga modul 3D touch yang ditingkatkan.

Sumber berita MacRumors , Nikkei dan gambar header ilustrasi iPhone 7.