1. Startup

Fitur Mobile dari Scribd

Scribd yang merupakan salah satu situs social publishing terbesar untuk meng-upload berbagai jenis file seperti PDF, Word, PowerPoint dan Excel menjadi web document, kini meluncurkan fitur baru yang memungkinkan user untuk share dokumen yang ada di situs Scribd ke mobile device mereka.

Jika anda mengunjungi situs Scribd dan meng-klik salah satu dokumen yang ada di situs tersebut maka kini ada tab baru yang berada di sebelah download yang berada di kiri atas. Tab baru ini merupakan tab mobile yang jika anda meng-klik-nya maka akan terbuka pop up yang berisi daftar mobile device serta operating system yang bisa digunakan untuk menerima dokumen yang ada di Scribd.

Setidaknya ada 12 mobile device serta operating system yang bisa menjalankan fitur ini diantaranya, iPhone, Android, Windows Mobile, BlackBerry dll, dan jika mobile device atau operating system anda belum terdaftar dalam list yang ada, anda tetap bisa menocoba mengirimkan dokumen, asalkan mobile device anda memiliki aplikasi yang mendukung file format PDF atau text.

Seperti yang ditulis oleh Mashable, fitur ini bisa jadi ini merupakan bagian kecil dari strategi mobile Scribd, yang sedang mengembangkan aplikasi untuk iPhone dan Android yang akan diluncurkan sekitar bulan Maret, beberapa fitur seperti Scribd search, browsing dan social media sharing, mobile device API dan new e-reader.

Pertumbuhan smartphone memang tinggi, termasuk juga di US, di tingkat lokal, pertumbuhan smartphone juga tinggi, belum lagi OS android yang mulai menjajal pasar di sini akan meningkatkatkan persaingan tapi di sisi lain akan memberi pilihan yang lebih banyak bagi user untuk mengakses berbagai fasilitas di internet.

Trend pemanfaatan cloud document juga sebenarnya sudah menjadi trend di sini, salah satunya adalah pencarian informasi tentang berbagai disiplin ilmu dan slide-slide keren dari berbagai perusahaan, penulis serta pembiacara yang bisa didapatkan di situs-situs seperti SlideShare dan tentu saja Scribd. Indonesia sendiri ada di posisi ketiga untuk pengguna Scribd terbanyak di atas England dan German (data Alexa 25 Februari jam 3.00 pagi).

Pertumbuhan smartphones yang pesat dan terus naik + mobile fitur adalah kombinasi yang sepertinya akan menjadi trend dan bisa menjadi pintu masuk bagi para startup lokal. Saya sendiri jadi teringat fasilitas share dokumen/file lokal seperti Doocu, yang sampai kunjungan saya terakhir masih dalam versi alpha dan sepertinya tidak ada perkembangan baru. Padahal sepertinya ini peluang yang cukup menjanjikan, tinggal unique value yang harus dikembangkan dan respon untuk perkembangan mobile device.

Tapi, itu pendapat saya, bagaimana dengan pendapat para pembaca DailySocial, tertarik untuk menggunakan fasilitas Scribd di mobile device anda? Atau anda punya pendapat lain, jangan lupa untuk share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again