8 January 2018

by Lukman Azis

6 Kelebihan Nokia 6 2nd Generation Dibandingkan Versi Sebelumnya

Yang pasti, chipset lebih tangguh dan dibekali teknologi OZO Audio Recording.

Setelah melalui serangkaian rumor dan bocoran, HMD Global akhirnya resmi merilis Nokia 6 2nd Generation. Meski membawa sejumlah peningkatan dibandingkan dengan versi sebelumnya, harga Nokia 6 generasi ke-2 ini sama seperti pendahulunya, di Tiongkok dijual US$230 atau sekitar Rp3,2 jutaan dan mulai tersedia pada tanggal 10 Januari. Lalu, apa fitur unggulan Nokia 6 2018 ini?

1. Chipset Lebih Bertenaga

Jika sebelumnya Nokia 6 ditenagai chipset entry-level Snapdragon 430, Nokia 6 yang baru ditangani dapur pacu yang lebih bertenaga yakni Snapdragon 630. Chipset ini berisi CPU octa-core 2.2 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 508.

2. Selamat Tinggal RAM 3GB

Nokia 6 yang dulu menyediakan dua opsi, versi RAM 3GB dengan memori internal 32GB dan varian RAM 4GB dengan ruang simpan 64GB. Sedangkan pada Nokia 6 2nd Generation, kedua opsi tersedia dalam RAM sebesar 4GB dengan pilihan ruang penyimpanan 32GB atau 64GB.

3. Letak Sensor Fingerprint

Nokia 6 2nd Generation tidak hadir dengan tombol home fisik seperti model sebelumnya, sebaliknya sensor pemindai sidik jari telah dipindahkan ke bagian belakang perangkat.

Sementara itu, bagian depan masih ada layar 5,5 inci yang sama dengan resolusi full HD (1080p), bagian dahi dan dagunya dipangkas sedikit, tapi tergolong lebar untuk ukuran smartphone masa kini.

4. OZO Audio Recording

Perbedaan lain antara dua smartphone Nokia 6 adalah model terbaru dilengkapi dengan OZO Audio Recording. Sebuah teknologi spatial audio canggih, yang dapat menangkap suara sekitar 360 derajat dengan kualitas tinggi menggunakan smartphone. Nokia Ozo menawarkan pengalaman 3D audio yang optimal untuk headphone dan sistem audio.

5. USB Type C

Peningkatan lain ialah Nokia 6 2nd Generation kini sudah dilengkapi dengan standar baru port USB Type C yang punya keuntungan dalam hal kekuatan dan kecepatan pemindahan data. Selain itu, konektor USB Type-C yang reversibel juga memungkinkan kita bisa pakai bolak balik.

6. Fitur Lainnya

Selain yang disebutkan di atas, sisanya identik. Sisi fotografi misalnya, masih hadir dengan konfigurasi yang sama: kamera belakang 16-megapixel dan kamera depan 8-megapixel dengan mode Bothie. Pun demikian dengan kapasitas baterainya, sama 3.000 mAh.

Sayangnya, Nokia 6 generasi kedua ini belum langsung menjalankan Android 8.0 Oreo dan masih menggunakan Android 7.1.1 Nougat, meskipun HMD Global berjanji akan menggelar update Android Oreo segera.

Sumber: PhoneArena.