6 April 2016

by Glenn Kaonang

Fitur Reminder Kini Tersedia di Google Calendar Versi Web

Reminder yang dibuat di mobile akan muncul secara otomatis di versi web, begitu juga sebaliknya

Bulan Desember kemarin, Google meluncurkan fitur Reminder yang sudah dinanti-nanti oleh banyak pengguna layanan Google Calendar. Dan mulai minggu ini, fitur yang sama akhirnya telah tersedia di Google Calendar versi web.

Hal ini berarti sekarang setiap kali Anda membuat reminder di aplikasi seperti Inbox by Gmail, Google Keep, Google Now atau Google Calendar sendiri, entry tersebut akan otomatis muncul di versi web-nya. Sebaliknya, reminder yang Anda buat di web pun juga akan muncul dengan sendirinya pada versi mobile.

Cara kerja reminder sendiri agak berbeda dari event, dimana ia akan terus ditampilkan di bagian paling atas setiap harinya hingga akhirnya Anda menyelesaikannya. Anda bisa saja memindahnya ke tanggal lain, namun semisal Anda masih belum menyelesaikannya saat hari tersebut tiba, reminder masih akan muncul di keesokan harinya dan seterusnya.

Cara membuat reminder di web sama persis seperti cara membuat event. Klik tanggal dan waktu yang diinginkan pada tabel, lalu pilih opsi "Reminder" di bagian atas jendela baru yang muncul.

Kehadiran fitur Reminder pada Google Calendar versi web ini semakin menjadikan layanan tersebut sebagai penunjang produktivitas yang efektif meski gratis. Sinkronisasi antara versi mobile dan web juga berarti Anda bisa mengakses reminder dari perangkat apa saja dan di mana saja selama ada koneksi internet.

Sumber: Gmail Blog.