1. Startup

Flickr Kembalikan Foto Beserta Semua Data Akun Mirco Wilhelm (Updated)

Flickr akhirnya berhasil mengembalikan akun pengguna mereka yang kemarin secara tidak sengaja terhapus, beserta foto dan semua data di akun tersebut. DailySocial menuliskan kronologis singkat tentang hal ini pada tautan ini.

Seperti yang dituliskan kemarin, saya mencoba mengontak pihak Flickr untuk memberi tanggapan akan hal ini, dan David Fusco (International Program Manager Flickr) membalas email saya dengan dua pernyataan, yang pertama komentar tentang terhapusnya akun Mirco Wilhelm, dan satu lagi yang mengkonfirmasi bahwa akun Mirco beserta semua fotonya telah bisa dikembalikan.

Berikut dua pernyataan dari Flickr yang saya terima dari email, hari Kamis pagi waktu Indonesia:

Pernyataan pertama (sebelum akun bisa dikembalikan):

Yesterday, Flickr mistakenly deleted a member’s account due to human error. Flickr takes user trust very seriously and we, like our users, take great pride in being able to take, post and share photos. Our teams are currently working hard to try to restore the contents of this user's account. In addition, we are providing the member with 25 years of pro. We are also actively working on a process that will allow us to easily restore deleted accounts and will roll this functionality out soon.

Pernyataan kedua yang hanya berselang tidak lebih dari satu jam, mengkonfirmasi bahwa akun beserta foto telah pulih:

This afternoon this Flickr member’s account, with all its photos, has been fully restored.

Yup, akun Mirco dan koleksi fotonya telah pulih dan tersedia secara utuh. Keterangan di blog pribadi Mirco juga menuliskan bahwa Flickr telah mengembalikan akun termasuk semua data foto, komentar, group serta data lain yang ada pada akun tersebut, tautan eksternal dari berbagai foto di akun Mirco juga telah dikembalikan. Flickr juga menepati janji mereka sebelumnya (update: keterangan ada di bawah artikel) untuk memberikan biaya langganan gratis akun Flickr Pro untuk Mirco selama 25 tahun. Selain itu, Flickr juga menegaskan lagi akan merilis dalam waktu dekat, sebuah proses yang memungkinkan Flickr untuk me-restore akun yang terhapus secara lebih mudah, "We are also actively working on a process that will allow us to easily restore deleted accounts and will roll this functionality out soon."

Sayangnya, masih seperti yang dituliskan oleh The New York Observer, tidak ada penjelasan dari Flickr tentang metode atau cara bagaimana Flickr bisa mengembalikan akun serta semua data yang ada di akun Mirco, termasuk dari penjelasan Flickr ke Mirco pun tidak menyebutkan apakah Flickr memantain foto yang telah terhapus di database mereka atau data akun ini dikembalikan dari cache dari situs Yahoo! yang bersangkutan. Penjelasan yang dituliskan Mirco di blognya juga tidak mencantumkan penjelasan dari Flickr tentang proses pengembalian akun dan data yang ada di dalamnya.

Akun dan foto serta semua data yang ada di akun Mirco, yang merupakan pengguna akun Flickr Pro memang telah kembali, namun human error ini telah tercapat di berbagai media, sampai koran lokal pun memuat berita ini, sebuah pekerjaan rumah bagi Flickr untuk memperbaiki layanan mereka dan tentunya, para pengguna akan menunggu fasilitas yang memungkinkan Flickr untuk me-restore akun yang terhapus secara lebih mudah, sehingga jika hal ini terulang kembali, proses pengembalian akun dan foto akan lebih cepat dan tidak membuat panik pengguna.

Update: Seperti yang disebutkan oleh mas Thomas pada kolom komentar, Flickr sebelumnya memberikan masa keanggotaan gratis akun Flickr Pro pada Mirco selama 4 tahun, namun pada akhirnya jangka waktu layanan gratis yang diberikan Flickr pada Mirco adalah 25 tahun.

Sumber berita: NY Observer, Mirco, akun Flickr Mirco yang telah kembali, bisa dilihat di tautan ini.

[Sumber Foto]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again