1. Startup

Flickr Rilis 'Trend Report' Untuk Bulan Maret, iPhone 4 Tetap Jadi Kamera Paling Populer

Kami baru saja menerima laporan dari Flickr yang menampilkan tren untuk bulan Maret 2012. Seperti yang ada di banyak rilis, laporan ini menampilkan angka-angka yang menakjubkan. Sayangnya kami tidak memiliki angka dari layanan lain yang bisa digunakan sebagai perbandingan, namun data dari Flickr menunjukkan bahwa Flickr masih memiliki angka yang cukup mengesankan. Sebenarnya akan lebih menarik jika laporan ini menyertakan perbandingan periodik untuk data perbulan dan pertahun.

Sebagai salah satu layanan sharing foto paling populer, selalu menarik untuk melihat perkembangan yang sedang terjadi di Flickr dan bagaimana kinerja mereka di bawah bayang-bayang serangan Facebook, Twitter, dan Instagram. Sebagai layanan foto yang termasuk paling lama, cukup menyedihkan melihat bahwa Flickr tidak melakukan inovasi yang berarti untuk menghadapi tantangan dari pesaing walaupun mereka tetap bertahan. Flickr baru-baru ini merestrukturisasi penawaran keanggotaan mereka dan merancang ulang halaman kontak. Beberapa perubahan lain dikatakan akan hadir sebelum tahun ini berakhir.

Dengan lebih dari 218 juta gambar berlisensi Creative Commons yang bisa diakses oleh publik, saya pikir akan menjadi hal yang hebat jika Flickr mempromosikan layanan mereka sebagai galeri gambar paling komprehensif yang berlisensi Creative Commons. Bagi mereka yang tidak ingin berlangganan layanan stok foto premium dengan berbagai alasan, koleksi foto CC di Flickr menjadi sumber foto yang menakjubkan. Tentu saja, sebagai perpustakaan gambar, foto-foto yang ada sebaiknya memiliki atribut yang sesuai dan Flickr memiliki jumlah yang cukup signifikan dengan 86.5 juta tag yang telah tercatat.

Pengguna Flickr menyukai barbecue, pizza, dan pie dengan 370 ribu foto yang di-tag dengan kata "Pizza". Rupanya 10 foto makanan paling populer di Flickr diisi oleh fast fod dan junk food. Kentang goreng, keripik, sushi, burger, dan roti lapis mengisi daftar tersebut, dengan salad, pasta serta BBQ yang menjadi makanan non-fast food dalam daftar tersebut, walaupun mungkin salad masih bisa disebut sebagai fast food.

Kamera paling populer yang digunakan di Flickr tetap dipegang oleh iPhone 4 diikuti oleh Canon EOS 5D Mark II, Nikon D90, Canon EOS Rebel T2i dan EOS 7D. Laporan dari Flickr ini tidak memberikan pemisahan jenis kamera seperti berbagai jenis DSLR, kamera saku dan kamera ponsel, namun Anda akan melihat jajaran ponsel iPhone menduduki empat peringkat paling atas dari jenis kamera ponsel jika melihat halaman kamera Flickr.

Meski popularitas Flickr tampak memudar dan liputan media yang kurang akhir-akhir ini, Flickr masih memiliki koleksi yang sangat besar, lebih dari 6 miliar foto, atau hampir satu foto untuk setiap orang di planet ini. Jika Flickr bisa menyampaikan pesan bahwa koleksi mereka sangat luas dan pengembangan fasilitas pencarian foto dijadikan aspek yang penting dari layanan mereka, Flickr bisa saja kembali diperbincangkan oleh banyak orang.

Tentunya ada banyak ide yang bertebaran untuk merevitalisasi layanan Flickr dan beberapa diantaranya sudah menanti untuk diluncurkan berdasarkan petunjuk yang diberikan awal tahun ini. Sayangnya, popularitas berbagi foto menggunakan perangkat bergerak adalah salah satu tren yang gagal dikapitalisasi oleh Yahoo! sejak awal, namun sekarang bahkan Instagram juga belum mendapatkan pemasukan dari hal tersebut meski tampaknya Instagram sudah hampir memiliki model bisnis yang jelas. Dengan lebih dari 6 miliar foto, peluang bagi Flickr untuk mengambil kembali pasar masih terbuka lebar. Mungkin Flickr tertarik untuk membuat 'photo hack day ' di Asia Tenggara?

Anda bisa melihat infografik tiga halaman mengenai ini di Dailylicious.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again