1. Startup

Flipit Targetkan Lebih Banyak Kolaborasi Eksklusif dengan Perusahaan E-Commerce Indonesia

Berusaha mengedukasi masyarakat Indonesia untuk terbiasa menggunakan kode kupon saat berbelanja online

Masyarakat Indonesia memang tidak terbiasa menggunakan kupon untuk membeli sesuatu. Oleh karena itu, sejumlah perusahaan berusaha untuk mengubah kebiasaan tersebut dengan bekerja sama dengan layanan e-commerce. Flipit, yang berbasis di Belanda dan mulai memasuki Indonesia tahun lalu, adalah salah satu di antaranya. Kami berbincang dengan Pudji Masniari Siregar, Country Manager Flipit untuk Indonesia, mengenai pertumbuhan bisnis Flipit di Indonesia serta rencana mereka di 2015.

Menurut Pudji, Flipit Indonesia awalnya menggunakan bahasa Inggris, namun semenjak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, pertumbuhan yang mereka raih mencapai 350%. Ia menambahkan, “Kami menemukan fakta bahwa Indonesia memiliki jumlah pengguna mobile terbanyak, lebih banyak dibandingkan dengan mayoritas negara di Eropa atau Asia Tenggara lainnya (dengan 35% traksi mobile di Indonesia, sementara di negara lain hanya 20% hingga 25%).”

“Meskipun nilai pesanan di Indonesia masih rendah, namun tingkat pertumbuhan traksi di sini sangat tinggi. Pada tahap ini, pertumbuhan Flipit di Indonesia merupakan faktor yang peling penting dan Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang pesat setiap minggunya,” tambahnya.

Menghapus Rintangan

Mengenai merubah budaya membeli dengan kupon, Siregar mengatakan bahwa mereka memiliki dua metode berbeda yang tengah mereka lakukan untuk mempromosikan kode kupon kepada masyarakat Indonesia. Yang pertama, ujarnya, adalah dengan memberikan informasi mengenai pentingnya kupon online bagi bisnis kepada para pemilik toko online dan e-commerce.

“Kami ingin memperkenalkan media promosi yang baru untuk mendorong penjualan mereka dengan anggaran yang rendah. Meskipun beberapa situs e-commerce telah mengenalkan kode kupon sebagai cara mereka untuk mendorong penjualan, beberapa toko online masih perlu diberikan dorongan untuk menggunakan kode kupon sebagai media promosi situs mereka. Kami ingin membuat mereka menyadari mengenai peluang yang tercipta dari penggunaan kode kupon dalam kegiatan pemasaran dan penjualan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Pudji mengatakan:

“Lebih banyak kode kupon yang tersedia bagi konsumen, pasar juga akan semakin bertumbuh. Tidak hanya melalui kami (penerbit) tapi juga melalui kanal mereka sendiri, seperti media sosial dan laporan berkala.”

Metode pendekatan kedua, menurut Pudji, adalah dengan mengedukasi pasar Indonesia mengenai keuntungan dari penggunaan kode kupon bagi pengalaman mereka dalam berbelanja online. Ujarnya, “Kami ingin memperkenalkan sebuah cara baru yang unik dan menarik untuk menghemat pengeluaran ketika sedang berbelanja online kepada mereka. Jadi, kami menghadirkan Flipit.com sebagai platform kupon online dimana mereka bisa mendapatkan kode kupon gratis yang bisa digunakan ketika berbelanja online di ratusan toko online di Indonesia.”

“Kami ingin memberitahu masayarakat Indonesia mengenai cara untuk memperoleh kode kupon, cara menggunakannya serta pengaruhnya terhadap pengeluaran mereka,” tambahnya.

Rencana dan Target di 2015

Siregar mengatakan bahwa target tahun ini adalah untuk membentuk lebih banyak kerja sama eksklusif dengan perusahaan-perusahaan e-commerce raksasa dan jaringan terafiliasi di Indonesia. Ia menambahkan, “Saat ini, kami telah bekerja sama dengan Pegipegi.com dalam mempromosikan diskon eksklusif 10% bagi pemesanan kamar hotel yang dapat diperoleh di Flipit.com. Lebih lanjut, kami juga tengah bekerja sama dengan jaringan bernama OMG Asia dan Smart Driver untuk mendorong penjualan mitra kami, jadi kami mengharapkan tingkat konversi yang lebih tinggi tahun ini.”

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again