1. DScovery

FMCG: Pengertian, Tantangan dan Contoh Perusahaannya

Banyak orang yang membicarakan FMCG (Fast Moving Consumer Goods) dan bagaimana industri ini berkembang. Simak artikel ini untuk mengetahui definisi dan contoh perusahaan FMCG!

FMCG adalah istilah yang mengacu pada barang-barang konsumen yang sering dibeli dan dijual, seperti makanan, minuman, perlengkapan kebersihan, produk perawatan pribadi, perlengkapan rumah tangga, dan kemasan.

Merupakan salah satu pasar produk konsumen terbesar di dunia, mencakup lebih dari separuh pengeluaran konsumen untuk barang ritel.

Berikut ini adalah penjelasan terkait FMCG lebih lanjut.

Definisi FMCG

FMCG adalah singkatan dari Fast Moving Consumer Goods. Merupakan barang-barang yang biasanya dijual di toko kelontong, dan memiliki umur simpan yang pendek — biasanya antara 3 bulan dan 1 tahun.

Mereka juga biasanya terdiri dari bahan-bahan yang dapat dengan mudah diangkut dan disimpan, sehingga mudah diproduksi dan dijual dalam jumlah besar. Mereka sering dijual dalam kotak atau tas yang ditujukan untuk demografi pelanggan tertentu, seperti anak-anak atau orang tua.

Kategori FMCG mencakup makanan, minuman, perlengkapan kebersihan, produk perawatan pribadi, dan obat-obatan.

Alasan produk semacam ini disebut "Fast Moving" adalah karena sering kali dibeli oleh konsumen yang menginginkannya segera, daripada menunggu waktu yang lebih nyaman untuk melakukan pembelian.

Misalnya, jika kamu membutuhkan minuman sebelum pertemuan berikutnya dengan bos, kamu dapat mengambilnya dari vending machine di dekat kantor kamu alih-alih menunggu sampai sore hari ketika kamu punya waktu untuk keluar dan membelinya di supermarket atau restoran.

Contoh Perusahaan FMCG

Indonesia merupakan salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia, dan industri FMCG sedang berkembang pesat.

Berikut ini adalah beberapa perusahaan FMCG terbesar di Indonesia:

Indofood

Indofood / IDX Channel

Indofood adalah salah satu perusahaan FMCG di Indonesia. Produk andalannya adalah mie instan Indomie yang sudah terkenal di seluruh Asia Tenggara dan sekitarnya.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 oleh Sudono Salim sebagai perusahaan pembuat makanan ringan, namun kemudian memperluas bisnisnya hingga mencakup mie instan, kue dan produk lainnya.

Contoh produknya adalah Indomie, Sarimi, Racik, Qtela, Indomilk, Ichi Ocha, dll.

Unilever Indonesia

Unilever Indonesia / IDX Channel

Salah satu perusahaan FMCG terbesar di Indonesia adalah Unilever Indonesia. Perusahaan telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1933 dan memiliki sejarah kesuksesan yang panjang.

Produk-produk Unilever Indonesia meliputi detergen, pasta gigi, sampo, kondisioner, sabun, dan sabun mandi. Produk-produk ini dijual di toko-toko retail besar seperti Hypermart dan Indomaret serta toko-toko kecil di seluruh negeri.

Contoh produknya adalah Sunsilk, Sunlight, Rinso, Pepsodent, Dove, Sariwangi, Royco, dll.

Mayora Indah

Mayora Indah adalah salah satu perusahaan FMCG di Indonesia yang ditemukan Jogi Hendra Atmadja. Mereka dikenal sebagai perusahaan makanan dan minuman, tetapi mereka juga menyediakan layanan lain.

Mayora Indah telah menjadi salah satu perusahaan makanan terbesar di Indonesia karena produknya yang berkualitas tinggi dan pelayanan yang baik kepada pelanggan di seluruh Indonesia.

Contoh produknya adalah Kopiko, Astor, Energen, Super Bubur, Better, dll.

Kalbe Farma

Kalbe Farma merupakan salah satu perusahaan FMCG di Indonesia. Menyediakan berbagai produk dan layanan perawatan kesehatan, termasuk obat-obatan dan peralatan medis untuk rumah sakit, pusat kesehatan dan klinik.

Butuh banyak kerja keras dan dedikasi dari seluruh karyawan di Kalbe Farma sebelum mereka dapat mencapai posisinya saat ini sebagai salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia.

More Coverage:

Contoh produknya adalah Fatigon, Mixagrip, Promag, Sakatonik ABC, Fitbar, Prenagen, dll.

Wings Group

Wings Group merupakan perusahaan yang memproduksi produk rumah tangga dan pemeliharaan kesehatan diri. Ini dimulai di Indonesia, tetapi kemudian berkembang ke negara lain.

Telah beroperasi selama lebih dari 60 tahun dan membangun reputasinya dengan menghasilkan produk berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan konsumen lokal.

Contoh produknya adalah Daia, So Klin, Wings, Zinc, Floridina, Ale-Ale, dll.

Demikianlah penjelasan mengenai FMCG, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again